Cara Sederhana Memperbaiki Komputer Rusak

Seringkali saya di panggil untuk memperbaiki komputer di rumah-rumah maupun di kantor-kantor baik milik perorangan maupun instansi, dari pengalaman memperbaiki komputer itu saya menemukan banyak sekali keluhan kerusakan komputer yang hampir sama, antara lain karena terserang virus, komputer tidak bisa di hidupkan dan hanya mengeluarkan bunyi tertentu, CPU hidup tapi monitor tidak menampilkan gambar dan masih banyak lagi keluhan lainnnya dan menurut saya ada beberapa kerusakan ringan seperti itu bisa dicoba untuk memperbaiki sendiri terlebih dahulu sebelum memanggil seorang teknisi.

Disini Blog Belajar Ilmu Komputer hanya ingin membantu bagi pengunjung blog BIK Pemula ini yang masih awam dalam memperbaiki komputer sendiri, dan topik yang ingin saya sampaikan adalah hanya "komputer tidak bisa hidup dan mengeluarkan bunyi tertentu", kenapa saya ingin menyampaikan topik ini karena menurut saya, kerusakan hardware seperti ini masih bisa dicoba untuk diperbaiki sendiri terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan untuk memanggil seorang teknisi komputer. Tetapi perlu diingat bahwa tidak semua kerusakan dapat diperbaiki sendiri, namun perlu orang yang memang profesional di bidangnya. Namun untuk kerusakan ringan seperti komputer mengeluarkan bunyi tertentu sebaiknya dicoba dulu perbaiki sendiri, setelah itu baru apabila tidak bisa juga diperbaiki barulah memanggil seorang teknisi.

Berikut ini adalah tips dari Belajar Ilmu Komputer untuk Belajar memperbaiki sendiri komputer anda di rumah sebelum memanggil seorang teknisi khususnya kerusakan ringan hardware.

Bila komputer anda di rumah, di kantor atau di manapun memberikan tanda berupa bunyi tertentu dan tidak bisa hidup atau tidak bisa muncul di monitor, coba ikuti langkah-langkah berikut mungkin bisa membantu anda sebelum memutuskan untuk memanggil seorang teknisi, namun untuk memperbaikinya kita perlu masuk (tangan saja yang masuk karena badan kita gak mungkin muat) ke dalam CPU (Central Proccessing Unit).

Langkah 1

Matikan Komputer/PC anda dan Cabut koneksi kabel listrik ke stop kontak.

Langkah 2

Buka case/casing CPU, dan lepaskan keping memory dari tempatnya. cara melepaskan memori, tarik ke samping tuas pengunci yang ada pada kedua ujung keping memory hingga keping memori agak sedikit terangkat.

Langkah 3

Cabut keping memori dari tempatnya dan keluarkan dari casing/case. (pastikan bahwa tuas pengunci memori benar-benar sudah terbuka).

Langkah 4

Bersihkan bagian kuningan yang terkoneksi ke motherboard dengan menggunakan penghapus pensil (jangan disentuh dengan tangan bagian kuningan).
Langkah 5

Pasang kembali keping memori yang sudah dibersihkan pada tempatnya semula pada motherboard dan jangan lupa menguci dengan tuas pengunci. Tuas pengunci akan terkunci dengan sendirinya jika anda memasang keping memori dengan benar (tidak terbalik). Lakukan pemasangan keping memori dengan menekan kedua ujung keping memori secara perlahan dan perhatikan tuas pengunci benar-benar sudah terkunci.

Langkah 6

Lakukan langkah 4 untuk semua kartu yang terkoneksi ke motherboarboard khususnya Kartu grafik/VGA Card (apa salahnya membersihkan semua komponen sekalian, tidak rugikan?)

Langkah 7

Bilah yakin semua kartu yang terpasang sudah dibersihkan dan terpasang pada tempatnya masing-masing maka sekarang saatnya untuk membuktikan apakah semua yang dilakukan tadi mendapatkan hasil yang lebih baik (komputer hidup) atau tidak ?.

Langkah 8

Hubungkan kembali kabel power dari komputer ke stop kontak dan hidupkan komputer anda dan perhatikan perubahan yang terjadi.

Jika berhasil maka komputer anda akan hidup seperti semula, dan jika komputer tetap tidak bisa hidup juga barulah anda bisa mengambil keputusan untuk memanggil seorang teknisi.

Mencoba itu lebih baik daripada tidak sama sekali, sederhana bukan ? selamat mencoba semoga tips dari belajar ilmu komputer ini bisa bermanfaat.

39 comments:

Anonymous said...

boz aku tanya ada tidak panduan untuk reparasi hadware pc atau laptop karena saya ingin bisa mendalaminya tolong bls diemail saya precel_2@yahoo.com

Belajar Ilmu Komputer said...

Mengenai buku atau modul panduan untuk menjadi seorang teknisi dalam memperbaiki atau reparasi komputer kedepannya akan kami adakan, namun untuk saat ini belum ada.

Anonymous said...

pak saya mo tanya... cpu saya sekarang mati. kronologinya adalah... sewaktu msh bisa hidup, kompter saya suka mati mendadak kira2 setelah 1/2 s/d 1 jam. untuk bisa dihidupkan lg, kabel yang ke stop kontak harus dicabut lalu dipasang lg. jika tidak begitu komputer tdk mau hidup. setelah bebrapa hari seperti itu saya penasaran. lalu saya copot seluruh kabel yg tersambung di mobo. saya angkat mobonya untuk melakukan pengecekan. lalu saya coba tes mobo dengan cara memasang kabel PS dan kabel monitor seblum dipasang ke casing. tetapi trnyata mlh tidak hidup. kipas processor dan lampu power menyala. tp tidak ada bunyi beep dan tidak ada gambar yg muncul. sdh dicoba memindahkan ram tetap tdk ada hasil. kira2 dimanakah kerusakannya? mobo / processor? lalu bagaimana cara mengecek elco dngn multitester? mohon penjelasannya... trmksh

Belajar Ilmu Komputer said...

Terima kasih pertanyaannya, mengenai kerusakan bisa terjadi karena beberapa sebab namun untuk sementara coba bersihkan semua komponen yang terpasang pada motherboard seperti VGA, memori, sound card dll, yang dibersihkan adalah bagian kuningan yang koneksi langsung ke mainboard. Setelah membersihkan semua komponen kemudian coba reset BIOS-nya. Untuk pengukuran komponen elektronik seperti electronic condensator (elco) bisa dilakukan setelah melepasnya dari mainboard

Anonymous said...

bos g'mna cara'a klo komputer kita ga conec .!!

Unknown said...

maaf mau tanya.. mengapa tiap ngegame di kompt, kadang asik lg main tau tau ilang dan kembali ke tampilan desktop. and mau tanya MB sy Gigabit tertera hyper trading. apa sih maksudnya hyper trading?...makasih.

Anonymous said...

salam sejahtera

Pa saya maw tanya apa ya masalah pada monitor yg rusak
ciri2nya : pada saat tombol power di teka n lampunya nyala tapi tiba tiba mati lagi , ,, knpa ya tlong di jawab

kirim aj jwbanya ke
junet_sankkaisarbola@yahoo.com

thankx. ..

bulzt said...

saya mw tanya computer saya tiba2 mati mendadak..ketika di hidupkan kembali trdpt tulisan error temperature..dan tidak kuat utk masuk windows trim's

andri said...

saya mo tanya, bagaimana cara mengetahui kerusakan pada prosesor dan motherboard

Cryz Zahwa said...

Makasih infonya, setelah di cek, alhamduillah jadi.
Tambah terus Gan postingan kaya gini..!!!
Salam sukses selalu

Blogs said...

Salam blogger

infonya keren
link balik ya !

Ilmu Komputer Pemula said...

Kayanya satu profesi nih dengan saya, saya juga sering memiliki pengalaman seperti ini, tipsnya ada yang baru saya ketahui, sangat membantu. Makasih

CHUPANK said...

CPU hidup tapi monitor tidak menampilkan gambar

CHUPANK said...

bos aku punya masalah CPU hidup tapi monitor tidak menampilkan gambar

Belajar Ilmu Komputer said...

@momon, Ciri seperti CPU hidup tp monitor tdk menampilkan gambar biasanya dapat diperbaiki dengan cara di atas, namun jangan lupa bersihkan juga card2 lain yg terpasang pada motherboard seperti VGA.
Selain itu saat CPU dihidupkan perhatikan lampu indikator harddisk (biasanya warna merah)selalu berkedip-kedip menandakan CPU sdg melakukan proses, jk tdk berkedip kemungkinan permasalahan ada pada CPU.
Solusi : coba ganti memori atau ganti VGA card

HERU KURNIAWAN said...

thank's infonya gan...

Anonymous said...

wahahaa, bener tuh mas kebanyakan masalah yang sama klo ga dari OS problem atau No Display. Orang-orang juga kebanyakan hanya bisa menggunakan komputer tapi ga tau cara perawatannya.

The Alpha said...

simple but very useful. thanks admin...

Purwono said...

Terima kasih atas informasinya. Sangat bermanfaat bagi pengguna komputer.

GHINA KOMPUTER said...

Bos, Saya punya Komputer, Lodingnya, kadang-kadang Lambat. kadang Cepat, apa sebabnya ?

Belajar Ilmu Komputer said...

@Ghina Komputer, banyak penyebab komputer menjadi lambat, cek memory apakah cukup, cek juga kapasitas harddisk, bersihkan virus dengan antivirus berbayar

Cahya Zafira Blog said...

Tank's ya om ini pelajaran ini sangat bermanfaat buat saya yang baru belajar tentang ilmu komputer....

sii luka hati said...

mas komuterku sama persis apa yang mas bilang, tapi setelah itu komuter saya hidup cuman beberapa detik saja, tolong solusinya ya mas :)

Belajar Ilmu Komputer said...

@hady bhogel, komputer anda hidup hanya beberapa detik saja kemudian mati lagi itu bisa saja disebabkan oleh kondisi prosesor terlalu panas, coba bersihkan debuh yang melekat pada pendingin prosesornya barulah kemudian dicoba lagi, smg bs membantu

Unknown said...

bermanfaat banget postingnya bro...makasih ya...

ahmad suhartino said...

terima kasih atas infonya...

Ridwan Nugroho said...

bang bik, heatshink saya baru, processor baru juga, kl dinyalahan cm hidup sebentar. solusinya gimana ya? terakhir mau booting ada cpu status suhunya 60 drjt C, mohon penerangannya

Belajar Ilmu Komputer said...

@Ridwan Nugroho, Segera cek dudukan pendinginnya sudah tepat atau masih miring. Posisi pendingin harus benar-benar tepat di atas prosesor. Setting BIOS untuk keperluan prosesor sesuikan dengan keterangan yg tertera di prosesor.

Belajar Ilmu Komputer said...

@all, makasih sudah mampir ke blog Belajar Ilmu Komputer, dan jangan lupa datang lagi ya :)

afrizalkds said...

mau nanya, cara memperbaiki cpu yg rusak total...
gak ada yg hidup satupun...
padahal udah ditancapkan ke listrik...

ckocko said...

saya punya masalah, setiap kali menyalakan komputer, pas waktu startup, selalu muncul Repair, dan kadang" layar ngeblank, tapi panah mouse itu muncul,,
saya pakai 2 ram, tapi setelah sya cabut 1, bisa normal, tapi pas saya pasang dengan RAM baru, malah ngeblank lagi,,
itu kenapa ya bang,,

Belajar Ilmu Komputer said...

@Ilham, mungkin jg memori bermasalah, pastikan kedua kepingan memori sebaiknya merek dan typenya sama. Perlu diingat bahwa memori baru tidak selamanya baik dan sesuai dengan komputer trsebut. Trims sudah mampir di Belajar Ilmu Komputer

Unknown said...

Mas..pc saya jika sudah dishutdown dan dihidupkan kembali dalam jangka waktu beberapa lama (semalam) jika dionkan bootingnya lama dan jika sdh masuk ke OS xp selalu hang, biasanya saya matikan pc cabut ram dan pasang kembali proses booting normal dan masuk ke os lancar, sdh seminggu nih mas cabut pasang ram... lama2x encok jg nih.... ha...haa..terima kasih atas bantuannya

Belajar Ilmu Komputer said...

@unknown, cb ganti memori dgn memori yg laen dlu gan

Unknown said...

sdh mas.. ganti memory yang baru tp masalahnya tetap sama, mas apakah spesifikasi memory itu harus sama contohnya yang terpasang selama ini Visipro DDR2 5300 sedangkan yang baru DDR2 6400 bisa dipasang begitu ?

Belajar Ilmu Komputer said...

@unknown, menurut pengalaman sy selama ini, tdk masalah, asalkan masih support dgn MBnya. Mkn perlu diinstall ulang dlu OSnya bro...smg bs membantu

Unknown said...

Wahh..
kbetulan skali sya lg d sruh mmperbaiki komputer guru Les sya..
Pdhal sya gx bsa kmputer, untung sya mnemukn postingan ini..
mkasih ats ilmu.y ya mas..
Nti sya bsa bljar lbih dlm lgi.. :)

Fahruddin said...

makasih mas... saam kenal

siaran satelit said...

saya pernah tuh ngalamin beberapa kali blue screen, kadang bisa dibenerin dengan cara di lepas semua dari motherboard, trus dipasang lagi, tapi kadang masih kumat lagi sih.. kenapa ya

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer