Cara Memasang Chat Box Blog

Intrupsi - intrupsi - intrupsi begitu tiba-tiba seorang teman menyampaikan pada saya. Ada apa ini, jawab saya karena memang saya bingung, masih pagi-pagi koq rasanya kayak di Gedung Wakil Rakyat alias Dewan Perwakilan Rakyat saja, emang ada apa seh pagi-pagi sudah intrupsi hehehe... emang ada pesan apa dari wakil kita di DPR ? Belajar Ilmu Komputer bukan Gedung DPR lho... :) , tanpa basah basih teman ini menyampaikan keluhannya "kenapa sih Chat Box yang saya copy scriptnya dari website CBox koq gak bisa di paste-kan di blog saya. ha ?.... sayapun bingung, emang sudah benar semua prosedurnya...tanya saya lagi, katanya sudah koq dan udah dapat code/scriptnya tapi waktu pastenya tidak bisa.

Oke sekarang coba praktekan di depan saya, suruh saya bergaya agak perintah, bagaimana cara kamu mem-pastenya di blog kamu sehingga tidak bisa coba tunjukan sekarang supaya saya bisa tahu dimana letak kekeliruannya.
Dengan tenang dan sangat yakin teman ini mulai membuka notepad yang berisikan script chat boxnya yang sudah disimpan pada FlashDisk, karena sebelumnya tidak bisa di pastekan di blog.
Setelah dibuka langsung diblok semua script kemudian teman me-copy script tersebut, apa yang dilakukan teman setelah meng-copy script tersebut ? ternyata teman langsung saja me-paste-kan di browsing blog (tanpa login ke blogger).
Setelah itu saya pun tertawa kikikik kakakak kekekeke sampe terkekeh-kekeh hehehe karena si teman tadi langsung menekan CTRL V (paste) di browsing blognya.. hahahahaha.
Ya....tentu saja tidak bisa... jawab saya, kalau mau tempatkan Chat Box itu harus login dulu di blogger dengan akun anda sendiri baru tambahkan komponen gadget html/javascript, nah di sana baru dipastekan scriptnya.

Oke dech biar gak panjang lebar lebih bagus saya teruskan saja dengan cara memasang Chat Box di Blogger biar tidak saya yang dikatakan hanya "om do" omong doang.
Tapi kali ini saya hanya menjelaskan bagaimana cara memasang Chat Box di Blogger saja, sedangkan cara membuatnya di CBOX saya asumsikan bahwa semua sudah bisa. Bagi yang belum bisa silahkan baca di sini.
Untuk menempatkan script yang di peroleh dari CBOX site, sebelumnya harus login/sign ini dulu ke blogger dengan akun anda saat menciptakan blog.
Kemudian Klik Layout, perhatikan gambar di bawah ini ya...

Setelah klik layout, klik lagi pada Add a Gadget untuk menambahkan komponen ke side bar blog kita.


Pilih dengan cara klik pada komponen berupa HTML/JavaScript seperti pada gambar di bawah ini

Kemudian ketiklah judul dari Chat Box anda pada Title/Judul yang saya beri lingkaran warna hijau, sedangkan script yang di dapat dari CBOX website di tempatkan atau di paste kan di Content seperti pada gambar yang sudah saya batasi dengan dengan garis warna biru, bila sudah maka langkah terakhir adalah klik Save/simpan untuk menyimpan hasil perubahan tersebut.



Selesai sudah anda menempatkan chat box pada blog anda. Sekarang sobat sudah bisa melakukan komunikasi chating di blog sobat sendiri.
Bagi teman-teman yang masih membutuhkan panduan dalam membuat blog silahkan tinggalkan pesannya pada Comment.

4 comments:

dediracyun said...

bos... dapat script nya di mana tuh..??
Q juga pengen taro di blogQ...
tertarik gitu loh....
hehehe..
oya,gambarnya sedikit kurang jelas....
mohon bimbingannya...

Belajar Ilmu Komputer said...

scriptnya bisa dibuat di sini.
Bila gambarnya di blog ini kurang jelas silahkan klik langsung di gambarnya untuk lihat lebih jelas.

Unknown said...

Artikelnya mantap boz...makasih atas infonya bos...moga ni blog makin sukses

andi said...

Muanteeppp Pak,,,
Thank's Berat atas info infp_a.

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer