Berkirim Pesan Melalui Jaringan LAN

Berkirim pesan dalam sebuah jaringan adalah sesuatu yang menarik untuk diulas karena memberikan manfaat akan jaringan yang berguna sebagai alat komunikasi.

Bisa saja kita menggunakan sarana komunikasi antar teman kerja dalam sebuah perusahaan yang menggunakan telepon, tetapi tentu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya bila dibandingkan dengan komunikasi menggunakan sarana jaringan Local Area Network (LAN).

Postingan kali ini tentang berkomunikasi dalam jaringan lokal menggunakan perintah DOS NET SEND.

Format perintah NET SEND adalah sebagai berikut :

NET SEND nama_komputer_tujuan/ip_komputer_tujuan pesan

contoh

NET SEND komputer1 Selamat Siang...
Sebelum melakukan pengiriman pesan terlebih dahulu harus mengetahui nama komputer tujuan atau nama komputer yang hendak dikirimi pesan.
Jika anda sebagai seorang manajer atau kepala bagian yang hendak mengirim pesan ke semua klien dalam jaringan maka tidak perlu menghafal semua nama komputer yang ada dalam jaringan tetapi bisa menggunakan karakter pengganti untuk semua unit komputer dalam jaringan yaitu karakter/huruf bintang (*).

Untuk mengirim pesan untuk semua komputer yang ada dalam jaringan, format perintahnya adalah sebagai berikut :

NET SEND * pesan

contoh :

NET SEND * Semua berkumpul di aula jam 10.30. ttd. Kabag Pemasaran
contoh di atas menyatakan bahwa seorang kepala bagian mengirimkan pesan kepada stafnya untuk hadir di aula pada jam 11.30.

Perintah net send juga banyak dimanfaatkan oleh para siswa/mahasiswa untuk berkomunikasi antar teman sekolah atau rekan mahasiswa lain untuk saling menukar jawaban dalam ujian misalnya (bukan mengajari yang ya...bila ketahuan resiko sendiri ya... ). Bila menggunakan pesan net send tentu pengajar/instruktur akan mengira bahwa kita sedang sibuk mengerjakan soal yang diberikan tapi ternyata kita sedang sibuk mengirim pesan untuk mendapatkan jawaban dari rekan seperjuangan hehehe...

Semoga perintah mengirimkan pesan ini dimanfaatkan untuk kebaikan dan bukan sebaliknya untuk mempermudah mendapat contekan dari teman sekolah/kuliah.

Selamat berkreasi dengan perintah NET SEND

3 comments:

huda said...

o iya...
harus di aktifkan dulu memang...
he...he...he...

RADI said...

APANYA YANG DIAKTIFKAN??? PLZ

BIK Pemula said...

Aktifkan servicenya di Control Panel - Administrative tools - Services, cari service MESSENGER dan ubah statusnya menjadi Started dengan cara double klik pada Messenger kemudian klik Start.

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer