Powered by Blogger.

Menjaga Compact Disk (CD) Player Agar Lebih Awet

Dulu sebelum dikenal adanya compact disk, semua installasi software pada komputer dilakukan dengan menggunakan disket. Namun seiring perkembangan teknologi munculah teknologi yang lebih canggih dan lebih besar kapasitas penyimpanan data serta memiliki kecepatan proses yang lebih tinggi pula yaitu piringan compact disk atau lebih sering disebut CD (sidi) atau orang awam menyebutnya "kaset".
Piringan cd ini harus dijalankan dengan menggunakan cd player dan proses membaca maupun menulisnya menggunakan optic.
Optic inilah yang diperhatikan "kesehatannya" agar optic cd tersebut lebih lama dan lebih awet dalam pemakaiannya maka saya mencoba memberikan sedikit tips agar bisa menjaga optic cd lebih awet.

* Gunakan selalu piringan compact disk yang original dan jangan menggunakan piringan cd bajakan karena dapat menyebabkan pemaksaan optical untuk membaca data yang tersimpan pada piringan cd, ini karena perbedaan dalam proses pembakaran (burning) pada piringan cd original dan bajakan.


* Bersihkan selalu optic cd player paling lama 3 bulan sekali dengan menggunakan kapas yang bersih yang sudah diolesi alkohol. Bersihkan dengan lembut dan hindari benturan optic dengan media disekitarnya.

* Bila cd player yang digunakan juga memiliki kemampuan untuk merekam (burning) data (CD-RW/DVD-RW) maka untuk melakukan burning piringan cd tidak melebihi 2 (dua) piringan cd secara berturut-turut dalam sekali burning, ini dilakukan untuk menghindari suhu pada optic agar tidak terlalu tinggi.

* Berikan waktu istirahat yang cukup kepada optic sebelum melakukan burning berikutnya.

Demikian tips kita kali ini, semoga tips ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Bagi rekan-rekan pengunjung blog Belajar Ilmu Komputer yang menmbahkan tips ini, dipersilahkan untuk melengkapinya pada kolom komentar.

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer