Belajar Membuat Website dengan Joomla

Pada awal tahun 2008 tepatnya di bulan mei saya memulai belajar tentang membuat blog, mempercantik blog hingga satu tahun sudah bergelut dengan blog dan pada akhirnya sudah tiba saatnya untuk belajar tentang website.

Pada awalnya memang tidak terbayangkan bagaimana caranya membuat sebuah website seperti yang sering saya lihat di dunia internet. Dengan adanya matakuliah pemrograman web yang saya peroleh dari bangku kuliah di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Denpasar, akhirnya saya mencoba membuat sendiri sebuah website yang sederhana sebagai percobaan dan juga untuk menambah pengetahuan tentang pembuatan website.

Diperjalanan pembuatan website ternyata tidak hanya ilmu tentang bagaimana cara membuat sebuah website tetapi kita juga memperoleh ilmu tentang bagaimana caranya untuk membeli sebuah domain di internet dan bagaimana caranya untuk upload website ke server serta koneksi antar website dengan database.
Setelah hampir sebulan mengutak-atik website di locak computer akhirnya pada bulan juni 2009 website sederhana inipun sudah bisa online dan hasilnya bisa dilihat dengan klik banner dibawah ini.
Website ini dibuat dengan joomla 1.5.9 dan masih jauh dari sempurna, untuk itu kami akan terus mencaritahu bagaimana cara yang baik membuat sebuah website.
Bagi pengunjung yang ingin memberikan saran silahkan berikan komentarnya di blog kesayangan kita ini atau bisa juga pada komentar di http://www.tobipuken.com.

9 comments:

Anonymous said...

salam kenal. aku udah utak-atik joomla trus sudah ada kerangka yang menurut teman2 aku, kerangka web itu sudah bisa untuk diposting atau apa gitu. trus teman aku juga udah ada yang mau menyediain aku domain. tapi aku ini orang awam komputer, gimana biar web aku ini bisa terkoneksi ke internet. begini apa hubungan dengan domain.coz aku gak tau seluk-beluk semua itu.apa yang harus saya lakukan. mohon untuk dibalas ke miki_hermanto@yahoo.co.id plezzzzzzzzzz......

Belajar Ilmu Komputer said...

agar sebuah website bisa online di internet, otomatis kita harus memiliki sebuah domain. Domain itu adalah alamat kita di internet, jadi wajib memiliki domain supaya bis aditemukan orang. Setelah membeli domain langkah selanjutnya adalah hosting dan upload website anda kemudian terakhir setting koneksi antar web dengan database.

Anonymous said...

apa langkah paling awal bagi saya sebagai orang awam untuk belajar ilmu komputer?
anggaplah saya ini mulai belajar dari nol, sangat minim pengetahuannya mengenai ilmu itu
apakah anda punya buku atau apa saja yang bisa direkomendasikan kepada saya??

Belajar Ilmu Komputer said...

Saya bukanlah seorang ahli ilmu komputer, akan tetapi apa yang sedikit saya miliki tentang ilmu komputer akan lebih bermanfaat apabila diberikan kepada setiap siapa saja yang membutuhkan. Saya akan membuatkan panduan-panduan untuk mempelajari ilmu komputer khususnya bagi pemula bila adanya permintaan.

Mengenai langkah awal yang paling baik adalah membaca, khususnya membaca buku-buku yang berhubungan dengan dunia komputer, lebih bagus lagi apabila membaca sambil praktek akan mempermudah kita untuk mengingatnya dan lebih tahan lama untuk diingat.

Selain membaca buku-buku, juga silahkan mencari informasi sebanyak-banyaknya di dunia internet karena ada banyak situs atau blog yang memberikan ilmunya secara gratis salah satunya adalah Belajar Ilmu Komputer

adnier said...

Hye,1st skli thanx utk smua ilmu 2.. Ia amt b'harga buat aku.. Aku ada p'mntaan nie,bisa ga ajr ttg smua yg t'dpt dlm microsoft office,mksd aku m/soft tools & yg lain2.. Thanx

Hendri Piran said...

mohon bersabar untuk artikel tentang ms office selanjutnya, thx

Ayu Tri said...

saya masih belajar membuat website menggunakan Joomla.. dan menurut saya Joomla merupakan aplikasi yang pas untuk para pemula yang ingin membuat suatu website

Belajar Ilmu Komputer said...

betul Ayu Tri...

Meja Lipat Netbook Kayu Jati said...

bagus, dapat nambah ilmunya.....trimakasih
dari pemula

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer