Cara Menulis Sebuah Postingan pada Blog

Sebenarnya artikel tentang menulis sebuah tulisan pada blog sudah banyak ditulis oleh para webmaster atau blogger namun karena masih ada saudara kita yang membutuhkan panduan untuk membuat tulisan pada blognya maka saya mempostingnya juga dan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti oleh pemula seperti saya sendiri.

Pada tulisan ini saya hanya membatasi panduan tentang meulis artikel pada blogger atau blogspot sedangkan tulisan atau panduan untuk blog lainnya seperti wordpress mungkin akan menyusul.

Setelah membuat sebuah blog pada blogger, tentu tidak hanya sampai disitu, karena blog yang sudah dibuat tersebut belum berisi apa-apa kecuali judul dan alamat blog saja, sehingga membutuhkan sebuah karya tulis untuk dimasukan (posting) ke dalam blog agar bisa dibaca oleh pengunjung blog kita. Semakin banyak tulisan maka semakin banyak juga pengunjung yang berkunjung ke blog kita apalagi tulisan yang bermanfaat bagi pengunjung blog itu sendiri.

Agar sebuah tulisan itu bermanfaat, buatlah sebuah topic tulisan yang berbeda dengan tulisan orang lain paling tidak jangan copy paste (copas) dari blog atau situs lain karena semuanya berpengaruh kepada kualitas blog kita.

Setelah memahami sedikit arti dan manfaat dari sebuah tulisan pada blog, selanjutnya mari kita mulai dengan praktek kita untuk melakukan posting artikel pada blogger atau blogspot.

Asumsi bahwa anda sudah memiliki sebuah alamat blog, apabila belum silahkan baca di sini untuk membaca cara membuat sebuah blog pada blogger.

Setelah memiliki sebuah blog dan alamat blog, lanjutkan dengan sign in/log in ke blogger dengan akun anda. Kemudian pada dasbor (dashboard) klik pada sehingga muncul jendela posting baru (New Post) sebagai tempat untuk mengetik sebuah tulisan.

Pada gambar di samping adalah tampilan dari jendela postingan baru. Sekarang anda sudah bisa menuliskan sebuah sebuah artikel dengan di awali dari topik. Topik diketik pada bagian Title misalnya topik blog anda adalah "Cara membuat blog dengan blogger" atau "Cara tercepat membuat blog dengan Blogger", ingat tanda petik di sini dimaksud agar membedakan tulisan topik saja tanpa arti apa-apa, jadi didalam penulisan topik atau judul sebuah tilisan tidak harus menggunakan tanda petik.

Kemudian pada tab Link biarkan saja kosong atau tidak perlu diisi apa-apa kecuali anda menghendaki judul tulisan tersebut dihubungkan (link) ke sebuah blog atau web lainnya.
Sedangkan pada kotak putih kosong yang ukurannya lebih besar sebagai tempat untuk menulis isi dari artikel kita. Tulislah artikel pertama anda, kalau memang belum ada ide untuk menulis sebuah artikel, bisa menggunakan artikel dari blog atau web lain dengan cara copy dan paste, akan tetapi perlu diingat bahwa didalam blogging kita harus selalu mengingat tatacara dan santun dalam menjiplak atau mendurasi tulisan orang lain dengan cara mengikutsertakan link sumber artikel tersebut. Misalnya "artikel dari http://belajar-ilmu-komputer.blogspot.com" atau "Terima kasih http://www.tobipuken.com".

Setelah selesai menulis artikel, maka artikel tersebut belum dipublikasikan ke internet sehingga belum isa dibaca oleh para pengunjung blog oleh karena itu dipublikasikan dengan cara klik pada Publish Post untuk mempublikasikan artikel tersebut ke internet agar bisa dibaca oleh semua pengunjung blog kita.

selamat menulis semoga dapat membantu...

1 comment:

Belajar Ilmu Komputer said...

tidak ada manusia yang sempurna, di sini kita sama-sama belajar...Trims atas komentarnya

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer