Membuat Menu pada Joomla

Untuk menambah atau membuat sebuah menu baru sebelumnya harus login terlebih dahulu menggunakan username Admin dan password yang sudah anda buatkan di saat installasi joomla pertama kali. Cara login, ketik //localhost/tobipuken/administrator pada address browser kemudian tekan enter atau klik Login.

Karena pada awalnya menu yang ada pada Main Menu adalah hanya sub menu Home maka sekarang kita akan melanjutkan membuat sebuah submenu baru dengan nama menunya adalah About Us tepat di bawah submenu Home.

Mari kita mulai, pada menu Menus klik Main Menu, dan disitu terlihat hanya satu buah submenu yaitu Home, dan sekarang kita menambah sebuah submenu baru, namun sebelum membuat sebuah submenu baru maka terlebih dahulu buatkan sebuah artikel About Us. Ini dimaksud agar nantinya apabila pengunjung situs kita klik pada submenu About Us maka pengunjung website akan membaca isi atau konten daripada artikel About Us tersebut. Bagi yang belum memiliki sebuah artikel silahkan baca cara mengetik/membuat artikel pada joomla.

Setelah memiliki artikel yang isinya tentang About Us maka mari kita lanjutkan dengan membuat submenu About Us. Caranya, klik menu Menus dan pilih Main Menu, kemudian klik New kemudian pilih articles dan sub article layout. Pada article layout ketik About Us pada bagian Title, sedangkan aliasnya dibiarkan kosong karena joomla akan secara otomatis membuat alias name sesuai dengan judul dari menu itu sendiri.
Selanjutnya adalah pilih artikel yang sesuai dengan menu yang akan kita buat, dalam hal ini karena kita membuat sebuah sebmenu About Us maka artikel yang dipilih adalah artikel About Us kemudian klik Save.
Sekarang menu About Us sudah selesai, coba jalankan website anda kemudian klik pada menu About Us maka akan muncul isi dari artikel About Us tersebut. Untuk menjalankan website anda caranya ketik //localhost/tobipuken pada browser anda. Bila sudah berhasil jangan lupa untuk mencoba membuat menu-menu baru sebagai bahan belajar anda selanjutnya.

Selamat mencoba semoga bisa membantu...

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer