Mendaftar Web Blog pada Google Analytics

Blog atau web yang sudah online tidak bisa dibiarkan begitu saja, namun perlu dikontrol perkembangannnya agar pemilik blog atau web dapat memantau perkembangan blog atau webnya sehingga dapat mengambil tindakan lanjutan agar web atau blog tetap dikunjungi oleh pengguna internet. Semakin besar pengunjung yang berkunjung ke web atau blog tentu itu adalah harapan semua blogger atau webmaster karena tujuan dari dibuatnya blog maupun web adalah agar bisa dibaca oleh orang lain.

Salah satu fasilitas gratis untuk mengontrol perkembangan web atau blog adalah google analytics. Dengan google analytics kita bisa mengetahui Jumlah pengunjung setiap harinya ke blog atau web kita seperti asal negara pengunjung, menggunakan bahasa apa, sistem operasi apa yang digunakan pengunjung, berapa besarnya pengunjung per hari, per bulan, berapa lama pengunjung berada di website kita, keyword apa yang paling banyak digunakan pengunjung untuk berkunjung ke blog atau web kita dan  masih banyak lagi informasi yang bisa kita temukan pada google analytics.

Karena artikel ini hanya menjelaskan cara mendaftar blog atau web ke google analytics maka mari kita mulai dengan klik di sini.

Setelah masuk pada halaman google analytics, klik pada Sign Up Now

Apabila anda sudah memiliki akun google (google account) maka masukan alamat email dan password google anda. Sedangkan bagi anda yang belum memiliki akun google klik sekali pada Sign Up Now untuk membuat akun google anda..

Masukan alamat email anda pada Your current email address.
ketik password pada Choose a password.
sekali lagi ketik password pada Re-enter password.
ketikan kata-kata yang tersedia ke dalam kotak pada Word Verification
Baca Term of Service dari google.
klik pada I accept Create my account

Langkah di atas adalah membuat google account.

Lanjut ke Sign Up for Google Analytics

Klik Sign Up pada jendela Sign Up for Google Analytics

Pada jendela New Account Signup masukan alamat url web atau blog anda pada Website's URL misalnya belajar-ilmu-komputer.blogspot.com
Account Name, masukan nama akun anda misalnya BIK.
Time zone country or territory pilih, nama negara anda misalnya indonesia.
Time zone pilih sesuai dengan tempat tinggal anda misalnya (GMT+07.00) Jakarta untuk Indonesia bagian barat, (GMT+08.00) Makassar untuk Indonesia bagian tengah dan (GMT+09.00) Jaya Pura untuk indonesia bagian timur.
Selanjutnya klik Continue
Masukan nama akhir anda pada last name dan nama depan anda pada first name. Misalnya Piran pada lastname, kemudian Hendrikus pada first name.

pilih Indonesia untuk Country or territory dan klik continue

Baca baik-baik persyaratan layanan google analytics kemudian berikan tanda contreng pada tulisan Yes, i agree to the above terms and conditions. Setelah itu klik Create New Account

Langkah terakhir adalah copy kode yang diperoleh dan pastekan pada web atau blog anda. dan klik Finish.

1 comment:

murdika said...

sangat2 membantu pak hendry,trima kasih

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer