Powered by Blogger.

Save dan Open File

Save dan Open file adalah dua buah perintah untuk menyimpan dan membuka file atau dokumen. Dilihat dari fungsinya memang hanya menyimpan dan membuka file akan tetapi apabila salah menggunakan perintah ini dapat menyebabkan hilangnya data. Tidak semua orang hati-hati dalam menyimpan file kadangkala ada semacam peringatan yang muncul apabila kita menggunakan perintah penyimpnana tersebut namun tidak dibaca lagi dan langsung klik OK atau YES.

Kenapa artikel yang tidak penting ini saya posting...karena saya rasa tidak penting untuk kita yang sudah biasa menggunakan kedua perintah ini, namun bagaimana dengan saudara kita yang masih pemula menggunakan perintah ini, seperti yang saya lihat sendiri pada salah seorang pengguna microsoft office excel, yang katanya filenya sudah diketik dan disimpan namun keesokan harinya dibuka kembali selalu kosong. Usut punya usut ternyata orang ini membuka filenya menggunakan perintah Save As dan hasilnya adalah Workbook kosong disimpan dan menimpah isi file yang sudah dibuatkan sebelumnya.

Kejadiannya seperti ini, seseorang membuat sebuah file microsoft office excel dengan nama file latihan1.xls dan isinya dibuatkan tabel serta isi tabelnya. kemudian file tersebut disimpan dengan nama file latihan1.xls.



Keesokan harinya orang ini mengaktifkan microsoft office excel kemudian dari menu file klik File-Save As dan pilih file yang sudah dibuatkan kemarin kemudian klik Save kemudian Yes.
Orang ini tidak sadar bahwa sebenarnya orang ini sedang membuka file akan tetapi orang ini sedang menimpah file yang sudah dibuat kemarin dengan workbook blank atau kosong.

Lucu bukan cerita di atas namun cerita di atas adalah benar terjadi dan saya harapkan agar dengan adanya artikel ini tidak ada lagi saudara kita yang mengalami maslaah seperti ini. Belajarlah dengan sabar dan perlahan-lahan hingga mengerti kedua perintah tersebut agar tidak menjadi bumerang bagi diri anda sendiri.

Kejadian seperti ini saya yakin tidak hanya terjadi pada para pemula pengguna komputer saja tetapi bisa saja terjadi pada kita yang sudah biasa menggunakan komputer sekalipun kalau dilakukan dengan terburu-buru dan  tanpa membaca terlebih dahulu.

Meskipun komputer merupakan sarana yang sangat pintar namun tetap saja semuanya tergantung pada data yang dimasukan ke komputer. Data atau perintah yang dimasukan ke komputer itu salah maka hasilnyapun akan salah.

1 comment:

Kirana said...

thank's ilmunya moga bermanfaat wat gue......

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer