Bagaimana Cara Melakukan Installasi Aplikasi

Ilmu Installasi aplikasi ini hanya ditulis untuk para pemula saja yang ingin melakukan installasi aplikasi pada komputer miliknya sendiri. Artikel ini saya tulis juga merupakan jawaban atas pertanyaan salah satu sobat pengunjung blog Belajar Ilmu Komputer yang alamat blognya http://diktusmagabe.blogspot.com/.

Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan installasi suatu aplikasi.

Untuk melakukan installasi aplikasi yang perlu disiapkan adalah software installer aplikasi itu sendiri baik tersimpan didalam sebuah compact disk (cd), harddisk, flash disk ataupun media lainnya.
Berikutnya adalah driver untuk menjalankan media yang digunakan untuk menyimpan program aplikasi misalnya, cd rom/dvd rom untuk memutar cd/dvd, usb port untuk koneksi flash disk atau driver lainnya.

Setelah persiapan sudah mantap sekarang proses installasi, dan harus diperhatikan adalah memilih file yang dapat dieksekusi untuk melakukan installasi. Masih banyak pemula yang tidak tahu file mana yang akan di jalankan (run). Yang perlu diingat adalah file dengan tipe (type) Application yang dapat diekseskusi untuk melakukan installasi. Untuk mengetahui mana type file application dan mana bukan file application sebaiknya tampilan windows explorer harus dipilih deatils view. Caranya dari jendela Windows Explorer klik menu View kemudian pilih Details. Setelah itu double klik file Aplikasi tersebut untuk melakukan installasi. Cara ini apabila melakukan proses installasi dari jendela windows explorer, namun akan berbeda apabila melakukan installasi dari menu Run, karena apabila melakukan installasi dari menu run maka hanya file application yang langsung ditampilkan jadi lebih mudah melakukan installasi dari menu run bila dibandingkan dari jendela windows explorer.


Berikut ini contoh cara melakukan installasi program Adobe Photoshop Cs.

Asumsi bahwa program adobe photoshop cs tersimpan dalam sebuah cd. Masukan cd program adobe ke dalam cd-rom drive. Kemudian klik menu Start - Run - Browse dan klik drive E:\ (bila drive E:\ adalah drive CD-ROM), kemudian double klik file Setup, klik Open.

Double klik file Setup yang sudah ditunjukkan dengan tanda panah, bila installasi dilakukan dari jendela windows explorer.

 
 Klik Yes

 
Klik Next

 
Klik OK

 
Klik Next atau memilih bahasa lain kemudian klik Next

 
Klik Accept, disarankan membaca semua peraturan untuk melakukan installasi adobe photoshop cs

 
 Masukan data tentang anda termasuk perusahan dan juga serial number adobe photoshop cs kemudian klik Next

 
Klik Yes

 
Klik Next

 
Klik Next

 
Klik Next

 
Biarkan proses installasi berlangsung hingga selsai dan muncul jendela activation seperti gambar dibawah ini

 
 Klik Cancel, kecuali sudah memiliki activation key

 
Hilangkan tanda centang pada Display Photoshop Readme File, kecuali ingin membaca file readme maka tanda centang tidak usah dihilangkan.

 
Klik OK

Proses melakukan installasi program adobe photoshop cs sudah selesai.

3 comments:

jondal said...

thank"s ya bung Hendri..moga makin sukses..GBU

Irvan said...

thanks atas ilmunya mas....

fadhil said...

Sangat bermanfaat, thank

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer