Memasang Slideshow Pada Blogger

Slide merupakan tampilan berupa objek yang dalam kurun waktu tertentu selalu bergantian tampil antara objek atau image yang satu dengan image yang lainnya.
Artikel ini merupakan jawaban atas pertanyaan dari sobat kita Diktus yang menanyakan bagaimana cara menempatkan slide pada blog seperti yang ada pada blog ini. Sebenarnya sih tulisan tentang memasang slide pada blog ini sudah banyak ditulis para blogger lain namun tidak salahkan untuk mempermudah pengunjung BIK dalam mendapatkan informasi tentang memasang slide ini sehingga perlu diposting di blog ini juga.

Berikut ini tips memasang slide berupa foto-foto kita sendiri di blog.

Untuk menampilkan slide berupa foto sangat mudah, namun sebelumnya semua foto yang dijadikan slide harus disimpan terlebih dahulu di situs/web penyedia layanan untuk upload foto misanya picasa web album.
Pada contoh ini saya menggunakan Picasa Web Albums anda bisa saja menggunakan friendster atau situs penyedia slide lainnya.

Setelah foto-foto tersimpan dalam picasa web albums, langka selanjutnya adalah menempatkan foto-foto tersebut sebagai slide di sidebar blog caranya :

Login ke Picasa Web Albums, kemudian klik pada Picasa Web Albums dan tentukan albums mana yang akan dijadikan slide (bila anda memiliki beberapa albums) dan perhatikan tulisan Link to this album klik disitu, kemudian klik Embed Slideshow sehingga muncul jendela seperti berikut :




Langka berikutnya adalah adalah menentukan ukuran slide yang hendak ditampilkan dalam blog dengan cara klik pada pilihan Select Slideshow Size, disitu ada beberapa pilihan yaitu Small 144px, Medium 288px (seperti yg ada dalam blog BIK ini), Large 400px, Extra Large 600px dan Extra-extra Large 800px.

Tips berikutnya adalah berikan tanda centang atau contreng pada Autoplay agar slide akan berjalan dengan sendirinya, jika tidak diberi tanda centang maka slide tidak akan jalan sebelum menekan/klik tombol play.

Pilihan Show Captions dan HTML Link (for MySpace) tidak usah berikan tanda centang, tapi bila ingin menampilkan captions dan HTML Link, silahkan berikan tanda centang. Sebagai contoh pada blog ini saya hanya menggunakan atau memberi tanda centang pada Autoplay saja.

Langkah terakhir adalah copy code yang berada pada kotak Embed slideshow. Code ini nantinya akan ditempatkan di dalam blog.
Ok mari kita teruskan tips ini dengan memasang code yang sudah kita dapatkan dari picasa web albums tadi ke dalam blog.

Login terlebih dahulu ke blogger dengan akun anda kemudian klik Layout dan Add Gadget/tambah gadget.

Pilih HTML/JavaScript

Pastekan kode yang sudah di copy dari picasa web albums tadi kemudian klik Save/Simpan.

Selesai....Slide berisi foto-foto anda akan terlihat pada blog anda sekarang.

6 comments:

istilah komputer dan internet said...

makasih mas,, info nya berguna,,
lanjutkan mas

Unknown said...

saya salim
pak saya mau bertanya lagi,, bagaimana cara membuat baca selengkapnya pada laman blogger.
tolong kirim ke a_abdul_salim@yahoo.com
terimaksaih
terimaksaih ......

BIK Pemula said...

Untuk membuat read more/baca selengkapnya silahkan baca di sini

Replica Watches said...

SEO friendly ga nih

fairy dust "zahri" said...

saya jambrong
mas tampilan picasa web albums saya tidak seperti tampilan yang ada diatas, tolong dibantu yah !!!!

Belajar Ilmu Komputer said...

@fairy, slide di sidebar blog ini saya buat sesuai dengan artikel ini, jadi ikuti saja sesuai dengan panduan di artikil ini jika mau membuat slide seperti yang ada di blog Belajar Ilmu Komputer ini.
Teri kasih jg untuk semua yang telah berkunjung ke Blog BIK Pemula

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer