Tips Melakukan Pencarian Search Engine

Search Engine atau bahasa indonesia dikenal dengan nama Mesin Pencari adalah sebuah situs yang memiliki database elektonis yang menyimpan informasi berupa alamat-alamat situs, email dan informasi lainnya yang bertebaran diseluruh dunia.

Ada banyak search engine didunia internet namun yang paling terkenal dan paling banyak digunakan saat ini adalah mesin pencari google. Selain mesin pencari google ada banyak lagi mesin pencari lainnya yang tidak kalah banyak digunakan sebagau sarana untuk menemukan informasi seperti


http://www.yahoo.com

http://www.altavista.com

http://www.bing.com

Untuk menemukan data atau informasi yang diinginkan di database, seorang pengguna internet harus memasukan sebuah kata yang disebut kata kunci ke sebuah kotak pencarian kemudian memerintahkan situs tersebut untuk menampilkan hasil pencarian yang ditemukan dengan cara klik tab pencarian.

Dari beberapa contoh pencarian di atas yang menggunakan kata kunci Belajar Ilmu Komputer, search engine atau mesin pencari menemukan begitu banyak informasi yang tersedia pada situs-situs dengan kata kunci Belajar Ilmu Komputer.

Dengan hasil yang begitu banyak yang ditampilkan oleh search engine sehingga membingungkan para pengguna search engine untuk memilih/klik hasil temuan mesin pencarian tersebut. Sebenarnya sudah banyak pengguna internet sudah paham tentang tips seperti ini namun oleh karena masih ada sobat kita yang belum paham menggunakan search engine sehingga saya akhirnya menulis artikel ini untuk sodara kita yang masih belum paham saja. Bagi yang sudah paham silahkan dilewatkan saja.

Hasil yang ditampilkan pada search engine adalah kata-kata yang ditemukan di dalam sebuah situs dan sudah terekam di dalam database search engine itu sendiri. Namun setiap hasil yang diklik banyak yang tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Misalkan seseorang ingin mencari alamat blog Belajar Ilmu Komputer dengan menggunakan kata kunci "belajar ilmu komputer" namun orang ini tidak tau yang mana yang harus di klik karena yang muncul begitu banyak kata Belajar Ilmu Komputer.

Untuk menentukan mana yang harus di klik dari hasil pencarian maka perhatikan bagian dari hasil pencarian search engine yaitu ada 3 bagian, bagian paling atas berawarna biru adalah kata-kata yang ditemukan sesuai dengan kata kunci yang kita masukan yang mungkin menjelaskan judul dari artikel atau situs, sedangkan bagian tengah dengan teks warna hitam adalah bagian dari body teks yang memuat kata-kata yang berhubungan dengan kata kunci yang kita masukan. Kemudian pada baris paling bawah adalah baris yang sangat penting yaitu baris alamat kata kunci atau katau kata-kata yang dicari tersebut di simpan.

Dari sedikit penjelasan di atas maka apabila seseorang ingin mencari web belajar-ilmu-komputer.blogspot.com maka orang tersebut harus memperhatikan bagian ketiga ini yang biasanya berwarna hijau.

Semoga dengan sedikit informasi ini dapat bermanfaat bagia pengguna internet pemula. Selamat berselancar di dunia internet.

3 comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer