Powered by Blogger.

Menampilkan Hidden File Folder Terserang Virus

Permasalahan kerusakan file, kehilangan file, file terhidden/disembunyikan virus, folder diubah menjadi folder.exe a(executable), hal semacam ini sudah sering sekali dipertanyakan dan sudah banyak yang menulis di blog/web mereka sebagai jawaban atas pertanyaan tersebut.

Hari ini virus tersebut ternyata belum tamat juga... karena hari ini terbukti pertanyaan itu muncul kembali di Facebook group Belajar Ilmu Komputer (bagi yang mau join dan share ilmunya dipersilahkan) yang memang saya buatkan sebagai tempat bertukar pikiran dan menyampaikan pertanyaan serta sharing tentang ilmu komputer.

Dengan adanya pertanyaan tersebut akhirnya saya harus menulis juga artikel ini meski artikel ini sudah berjubel di internet toh tetap pasti ada manfaatnya khususnya sobat-sobat blogger maupun pengunjung setia yang sering berkunjung ke BIK Pemula ini agar tidak sulit menemukan artikel mengembalikan file dan folder yang disembunyikan virus serta tips menghadapi virus lainnya.

Ayo kita mulai dengan cara mengatasi file atau folder yang berubah menjadi exe tersebut agar file atau folder yang sudah disembunyikan oleh virus bisa kembali seperti semula.

MENGHILANGKAN VIRUS

Untuk mengatsi masalah otomatis kita harus mencari penyebab dari timbulnya masalah tersebut. oleh karena masalah tersebut disebabkan oleh virus maka langkah pertama adalah membumihanguskan dulu virusnya... kayak perang aje ye... artinya ya virusnya harus dibersihkan terlebih dahulu.
Untuk hal mencari anti virus yang tepat untuk mengatasi file folder exe ini tidak sulit, bisa dicari menggunakan search engine anti virus apa yang patut di coba, sebagai contoh di sini saya menggunakan avast free anti virus. Bila anda ingin mencoba menggunakan avast free anti virus silahkan download di sini.

Setelah download antivirus, install dan scan komputer dan anggap saja komputer anda sekarang sudah terbebas dari virus maka ikuti langkah berikut ini.

MENGEMBALIKAN HIDDEN (tersembunyi) FILE/FOLDER

Jalankan command prompt dengan cara klik menu Start - Run kemudian ketik CMD dan tekan ENTER.

Sebelum memulai, tentukan dulu drive mana yang terserang virus dan akan dikembalikan file dan foldernya yang tersembunyi tadi. Misalkan saja file dan folder yang tersembunyi tadi ada di flash disk anda yang terpasang di komputer dengan drive flash disk adalah drive G.

Oleh Karena kita hendak mengembalikan file dan folder yang ada di drive G maka terlebih dahulu harus masuk ke drive G dengan cara ketik G: (boleh huruf kecil) dan tekan Enter.



Setelah berada di drive G (seperti pada gambar di atas) barulah ketik perintah berikut ini, bila drive anda berbeda silahkan ketik nama drive yang sesuai.

ATTRIB -R -S -H /S /D

Perintah di atas saya ketik dengan huruf besar (capital) hanya untuk memperjelas saat dibaca saja, namun pada prakteknya bisa menggunakan huruf kecil. Apabila file-file dan folder-folder yang ada di dalam flash disk cukup banyak, maka waktu yang dibutuhkan pun sedikit lama jadi bersabar hingga proses selesai.


Tunggu proses perubahan attribute file yang disembunyikan virus berjalan hingga selesai dan kembali ke drive G.

Proses mengembalikan file pada flash disk sudah selesai, selanjutnya silahkan lihat kembali file/folder yang ada di flash disk melalui windows explorer atau bisa juga dengan melihat file melalui DOS command yaitu dengan perintah DIR kemudian enter.

2 comments:

Hedon said...

mantap...pake dos yah....

ika kurniasari said...

yah setau saya memang seperti itu.. kalau ada cara lain lagi bisa share yah..

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer