Yuk Belajar Menghitung Jumlah Jenis Kelamin Pada Microsoft Office Exel

Sebagai seorang guru atau seorang administrasi atau karyawan di sebuah lembaga pendidikan atau sekolah merupakan salah satu hal yang diwajibkan untuk mengetahui jumlah siswa yang terdaftar pada sekolah tersebut. Baik dari besar keseluruhan jumlah siswa, kemudian berapa banyaknya siswa yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan.

Meski bisa dilakukan dengan cara menghitung secara manual namun seandainya jumlah siswa hingga ratusan bahkan ribuan maka untuk menghitung jumlah siswa yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan cukup memakan waktu. Oleh karena itu Belajar Ilmu Komputer memberikan sedikit pengetahuan tentang menghitung jumlah siswa berdasarkan jenis kelamin.

Gambar berikut ini adalah sebuah contoh penggunaan rumus untuk menghitung jumlah siswa berdasarkan jenis kelamin pada microsoft office exel, pada pada gambar ini saya menggunakan office 2007.


Dari gambar di atas mulai dari cel A2 sampai cel A11 adalah nama-nama dari para murid atau mahasiswa, sedangkan pada cel A1 sampai cel B1 adalah judul kolom tabel yaitu NAMA dan JENIS KELAMIN. Pada cel B2 - B11 adalaj jenis kelamin siswa.

Kemudian pada cel A13 bertuliskan Laki-laki dan disebelah kanannya cel B13 adalah jumlah keseluruhan siswa atau murid yang berjenis kelamin laki, begitu juga pada cel A14 dan cel B14 berisikan jumlah murid atau siswa perempuan.

Perhatikan pada Formula Bar bertuliskan rumus sebagari berikut =COUNTIF(B2:B11,"L") yang artinya mengitung berapa banyak data yang ada pada cel B2 hingga cel B11 dengan label L. Nah itu tadi untuk menghitung jumlah laki-laki dengan label L. Untuk menghitung jumlah perempuan pada cel B14 hanya labelnya saja yang diubah sedangkan rumusnya sama sehingga rumus selengkapnya untuk menghitung perempuan menjadi =COUNTIF(B2:B11,"P")

2 comments:

Nediar said...

trim's info'y, salam kenal bro, smangt truz

Admin BIK Pemula said...

@Nediar, sama2 bro....met kenal juga n pastinya tetap semangat. Semoga artikel tentang office exel ini bermanfaat bagi pengunjung blog Belajar Ilmu Komputer

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer