Powered by Blogger.

Cara Cairkan Uang via Western Union

Pada akhir bulan Maret 2012 penghasilan dolar dari google adsense sudah mencapai US$ 100 tepatnya US$ 114.06. Oleh karena ini adalah penghasilan dolar pertama saya dari google maka saya pun cepat-cepat mencari tahu di internet melalui google mengenai bagaimana cara mencairkan adsense google via Western Union (WU). Akhirnya saya menemukan cara untuk mencairkan uang melalui Western Union di Kantor Pos. Rata-rata tulisan dari para master blogger, mengatakan bahwa mencairkan uang selalu di Kantor Pos.

Sejak 1 April 2012 saya selalu mengunjungi akun google adsense saya untuk mengecek apakah uang dolar saya yang 114.06 itu sudah terkirim atau belum, namun berhari-hari saya cek ternyata belum dikirim juga, akhirnya pada tanggal 25 April 2012 saya cek pada pagi hari sebelum berangkat kerja, dan ternyata mendapatkan pesan bahwa, jumlah penghasilan saya sebesar US$ 114,06 itu sudah diterbitkan.

Setelah saya login ke akun google adsense pada hari itu, kemudian cepat-cepat klik pada link "Tampilkan rincian dalam riwayat pembayaran", seperti yang terlihat pada gambar di atas yang sudah saya tandai dengan warna merah. Seketika itu juga muncul informasi tentang rincian pembayaran yang terdiri dari, Jenis Pembayaran : Western Union Quick Cash, Tanggal Pembayaran : 24 April 2012, MTCN (Money Transfer Control Number) : 0001234567, Jumlah dalam Mata Uang Pembayaran USD : US$ 114,06.

Sesuai dengan saran yang saya dapat dari google dan referensi dari rekan blogger yang sudah lebih dahulu menerima uang dari google, akhirnya saya catat semua rincian pembayaran mulai dari, Nama pengirim dan Nomor kendali transfer uang (MTCN) dan tidak lupa melengkapi foto copy KTP.

Berbekal catatan di secarik kertas dengan tulisan tangan saya sendiri semua rincian pembayaran, saya bergegas menuju sepeda motor yang terparkir di garasi rumahku untuk segera meluncur ke TKP (baca : Kantor Pos). Dalam perjalanan menuju Kantor Pos, terlintas di pinggir jalan bertuliskan Western Union dengan kombinasi warna kuning dan hitam. Ternyata papan betuliskan Western Union itu berada di Bank Danamon, pikir saya, daripada jauh-jauh ke kantor pos dan berdasarkan pengalaman saya sendiri, sudah tahu bahwa di kantor pos pernah saya menunggu antrian hingga 3 jam hanya mengirim sebuah surat, akhirnya saya memutuskan untuk mampir ke Bank Danamon di Jalan Hayam Wuruk Denpasar.

Sebelum masuk ke Bank saya tanyakan dulu ke Secutiry Bank mengenai bolehkan mencairkan uang dari google melalui WU di Bank Danamon ? jawab Security itu katanya, Bisa tapi dalam rupiah, silahkan saja langsung masuk. Saya pun masuk dan mengambil nomor antrian sekaligus mengisi formulir isian penarikan uang melalui Western Union. Contoh Formulirnya bisa dilihat di bawah ini.

Pada Form Penerimaan uang Western Union, yang harus diisi adalah bagian kiri, seperti yang sudah saya tandai dengan panah warna biru di atas, sedangkan pada panah warna merah harus diisi oleh pihak bank. Oleh karena waktu itu saya salah mengisi sampai ke bagian kanan (bertanda merah) yang seharusnya diisi pihak bank, akhirnya saya diminta untuk menandatangani di atas isian saya itu.

Yang perlu diisi di Formulir Penerimaan Uang Western Union adalah :

1. Bagian Penerima/Receiver.
pada bagian ini diisi dengan nama, alamat lengkap sesuai kartu identitas penerima, Tanggal lahir penerima, Tujuan transaksi diisi dengan "Bisnis", Sumber Dana diisi dengan "Google" (berdasarkan saran dari pihak bank).

2. Bagian Pengirim/Sender
Pada bagian ini kita hanya perlu mengisi Nama Depan : Google Inc., Nama Belakang : Google Inc., Alamat : 1600 Amphitheatre Parkaway Mountain View CA 94043, USA, Nomor Telepon : biarkan kosong, Hubungan dengan si penerima : Rekan Bisnis, Jumlah yang diperkirakan : US$ 114,06, Kota Negara Asal pengiriman uang : USA, Nomor Kontrol Kiriman Uang : diisi dengan MTCN. Itu saja yang harus diisi kemudian tanda tangan di bagian Tanda Tangan Penerima (kiri bawah).

Setelah selesai mengisi formulir, tinggal menunggu panggilan untuk nomor antrian 23 karena waktu itu saya mendapat urutan ke 23. Selamat siang bapak, ada yang bisa saya bantu, begitu mbak karyawan bank Danamon dengan senyum ramahnya menyapa menyambut kehadiran saya setelah nomor urut saya dipanggil dan saya menuju ke hadapan mbak pegawai bank, dan langsung mempersilahkan saya duduk. Saya langsung menyampaikan maksud saya untuk mencairkan uang melalui Western Union. Tidak panjang lebar lagi, karyawan cantik bank Danamon tersebut meminta bukti identitas yang kebetulan sudah saya persiapkan 3 lembar foto copy KTP beserta KTP asli, namun ternyata, foto copy KTP saya tidak dibutuhkan, mbaknya hanya meminta KTP asli dan langsung memfoto copy sendiri.

Setelah diterimanya formulir dan identitas saya, mbaknya mempersilahkan saya untuk menunggu beberapa saat karena harus menunggu supervisor kata mbak banknya. Saya menunggu dan tidak lama kemudian (mungkin 1 menit) keluarlah seorang ibu cantik sambil mengucapkan selamat siang bapak, sayapun menjawab siang bu...(sedikit bahagia krn merasa ini pasti supervisornya, jadi pencairan uang dolar saya semakin cepat). Ternyata benar yang menyapa saya adalah supervisor. Si Supervisor kemudian berkomunikasi dengan mbak yang tadinya menerima saya dan tidak lama kemudian mbak bank menyampaikan ke saya bahwa, bapak silahkan tunggu di bagian teller (tadinya saya berada di Customer service) untuk menunggu panggilan pencairan uang. Tapi sebelum meninggalkan CS (cutomer service)  saya coba tanya ke mbaknya, kira-kira berapa pemotongan biaya pecairan uang melalui Western Union, ternyata mbaknya juga tidak tahu dan dia mengatakan bahwa nanti saja coba bapak cek di teller berapa biayanya. Pikir saya dalam hati, paling banyak 100 ribu pemotongan biaya pencairan google adsense melalui Western Union.

Setelah menunggu beberapa waktu (kurang lebih 5 menit), nama saya di panggil, saya bergegas ke teller, di sana sekali lagi saya diminta untuk menyerahkan tanda bukti identitas diri yang asli. Saya tunjukkan KTP, sambil bertanya, mbak berapa biaya pencairan uang melalui WU, katanya tidak ada biaya pak. Legah rasanya saya waktu itu, ternyata mencairkan uang melalui Western union tidak dikenakan biaya apa-apa, meteraipun tidak dibebankan ke penerima bahkan foto copy KTP juga ditanggung Bank Danamon. Tidak lama kemudian mbak teller Bank Danamon langsung menghitung uang sejumlah 1.025.600 rupiah dan langsung menyerahkan kepada saya. Ternyata uang sebesar 114,06 Dolar Amerika setelah ditukarkan ke rupiah dengan rate saat itu (sesuai tercatat di formulir) 8.991,500000. Dengan rasa senang, gembira saya kembali ke ruma membawa sejuta uang di tangan.

Demikian cara menarik/mencairkan uang dari iklan google (google adsense) di Bank Danamon, Sangat mudah dan cepat. Semoga tulisan ini dapat menginspirasi blogger pemula untuk terus blogging dan terus belajar bersama blog Belajar Komputer dan internet gratis.

7 comments:

SOHARI, S.Pd said...

selamat y gan!
Btw untuk dapat google adsense gmna caranya?thanks

Belajar Ilmu Komputer said...

Terima kasih gan ! Caranya hanya pasang iklan google di blog ini gan

Belajar Ilmu Komputer said...

@Ivan, YM saya hendrypiran, tapi saya jarang ol di YM, kalau ada pertanyaan silahkan tulis di komentar aja, pasti saya baca dan kalau membutuhkan balasan akan saya balas. Trims sdh berkunjung

Imammuttaqin_ said...

apa wajib gan punya no rekening agar blog kita berpenghasilan lantas prosesnya gimana?syukron..

Belajar Ilmu Komputer said...

@Imammuttaqin, untuk membuat blog berpenghasilan tidak membutuhkan rekening, tetapi rekening dibutuhkan oleh beberapa penyedia iklan untuk keperluan transfer uang, tetapi google tidak membutuhkan rekening bank karena bisa dikirim melalui Western union ataupun berupa Cek.

Belajar Ilmu Komputer said...

Biasanya berdasarkan pengalaman saya, setelah tanggal penerbitan di akun GA, tunggu paling lama 2 x 24 jam mbak, bersabar aja, coba cek lg tanggal 26 atau 27. Smg bs membantu

Siti Aisah said...

gan kalo itu memang namanya terbalik ye kalo di adsense? soalnya wa terbalik namanya, sama kalo beda alamat bisa di cairin ga gan?

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer