Powered by Blogger.

Tips Merawat Laptop

Laptop adalah salah satu perangkat komputer jinjing yang mudah dan praktis dibawa kemana-mana, yang membutuhkan perhatian serta perawatan khusus karena perangkat ini terbilang lebih mahal dibandingkan dengan pc desktop, oleh karenanya perlu perawatan yang tepat sehingga menghindari pengeluaran biaya yang lebih besar untuk perbaikan laptop.
Laptop adalah perangkat komputer jinjing yang sangat sensitif sehingga penggunaanyapun ektra hati-hati sehingga umur penggunaan laptop lebih lama. Berikut ini adalah tips merawat laptop dari blog Belajar Ilmu Komputer. Semoga tips ini berguna bagi pembaca.


1. Telanjangi Laptop

Laptop biasanya memiliki pembungkus, sarung atau penutup berupa kain dan plastik. Tanggalkan "pakaian" laptop kalau laptop sedang digunakan. Hal ini dimaksud agar ventilasi udara pada laptop tetap terjaga sehingga lancar dalam pembuangan suhu panas dari dalam laptop. Masih banyak kita menggunakan laptop tanpa melepas pembungkus laptop itu sendiri sehingga laptop cepat panas dan menyebabkan kerusakan komponen laptop.

2. Hindari Benturan

Oleh karena sebagai perangkat mobile yang selalu dibawa kemana-mana, sudah tentu tidak terlepas dari kemungkinan terjadi benturan-benturan. Usahakan agar benturan itu tidak terjadi, kalaupun terjadi jaga supaya tidak keras, karena laptop dirancang dan dirakit dengan bahan yang tipis sehingga sangat mudah komponen didalam laptop bergeser dan mengakibatkan kerusakan. Perangkat yang paling sensitif terhadap benturan adalah harddisk, dan selama ini perangkat laptop yang paling sering rusak adalah harddisk. Agar handdisk laptop anda aman dan berumur panjang, sebaiknya jauhi benturan terhadap laptop anda.

3. Letakkan Laptop Pada Permukaan Yang Rata

Tempatkan laptop pada permukaan yang rata seperti meja, dan jangan pernah menempatkan laptop diatas permukaan yang lembut seperti kasur, bantal, jok mobil dan lain-lain. Permukaan tidak rata dapat mengakibatkan ventilasi udara pada laptop tertutup sehingga proses pertukaran suhu panas dari dalam laptop terhambat. Panas laptop berlebihan dapat merusak memori dan perangkat lainnya.

4. Jangan Membebani Laptop

Seperti yang sudah saya katakan di atas bahwa laptop terbuat dari bahan yang sangat tipis shingga mudah rusak, oleh karena itu hindari menempatkan barang lain di atas laptop. Jangan menindih laptop dengan buku atau benda lainnya yang bisa merusak lcd laptop karena tekanan berlebihan.

5. Jangan Charge Battery Laptop Non Stop

Saya melihat beberapa pengguna laptop tidak pernah melepas charger dari stop kontak, bahkan tetap terpasang dari malam hingga pagi hari, hal ini tidak baik untuk adaptor laptop anda. Menurut Belajar Ilmu Komputer, cara terbaik merawat charger/adaptor laptop adalah lakukan charge jika dibutuhkan, setelah penuh, segeralah dilepas kabel dari stop kontak.

6. Bersihkan Laptop Secara Berkala

Laptop jangan hanya digunakan saja tetapi juga ingat perawatannya, seperti membersihkan layar lcd, membersihkan keyboard dan case laptop. Gunakan cairan pembersih yang dianjurkan dan jangan menggunakan air khususnya untuk pembersihan lcd. Hati-hati dalam membersihkan lcd karena lcd sangat mudah tergores jadi sebelum menggunakan cairan pembersih, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu debu-debu dengan kuas lembut.

7. Jauhkan Laptop Dari Speaker

Speaker memiliki daya tarik magnet yang cukup besar, hindari laptop anda dari magnet yang ada pada speaker. Selain menghindari magnet, sepaker juga mengeluarkan suara dan menimbulkan getaran yang cukup besar, jadi jangan meletakkan laptop di atas speaker.

8. Hindari Laptop Dari Cahaya Matahari Langsung

Laptop biasanya diletakan di kamar, namun perlu diperhatikan disini adalah posisi keberadaan laptop tersebut, apakah posisi laptop tersebut nantinya dapat terkena cahaya langsung dari matahari, kalau kemungkinan akan terkena cahaya langsung dari matahari, sebaiknya segera pinda ke lokasi yang lebih aman yang tidak berhadapan dengan cahaya matahari langsung. Selain tidak berhadapan langsung dengan cahaya matahari langsung, laptop juga jangan disimpan di dalam lemari yang tertutup rapat karena dapat menyebabkan pengembunan dalam komponen laptop sehingga mengakibatkan kerusakan komponen laptop saat dihidupkan.

Delapan tips merawat laptop di atas apabila diperhatikan dengan baik maka sangat berpengaruh terhadap umur sebuah laptop. Hal ini sudah saya buktikan sendiri, laptop saya sudah berumur lebih dari 5 tahun masih tetap aman dan tidak terjadi masalah. Semoga tips merawat laptop dari blog Belajar Ilmu Komputer ini bermanfaat bagi semua pembaca.

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer