Langkah Perbaikan Komputer

Tips Perbaikan Komputer ini lebih ditujukan kepada para teknisi pemula yang baru memulai karirnya dalam perbaikan komputer dan perangkat komputer lainnya seperti printer dan lainnya. Dalam memperbaiki komputer jangan asal vonis kesalahan tetapi harus dilakukan dengan prosedur yang tepat sehingga jawaban yang diberikan kepada costumer juga tidak bimbang dan ragu, hal ini menunjukkan bahwa kita adalah teknisi profesional dalam mengerjakan pekerjaannya.


Ada beberapa tindakan yang harus dilakukan dalam melakukan tindakan perbaikan komputer. Langkah-langkah perbaikan komputer ini saya kelompokkan menjadi 3 bagian yang terdiri dari:
  • Langkah Persiapan
  • Langkah Perbaikan
  • Langkah Penutup
Dari ketiga langkah di atas, semuanya harus dilakukan secara terurut mulai dari langkah 1 kemudian dan langkah 2 dilanjutkan dengan langkah 3.

1. Langkah Persiapan.

Langkah persiapan perbaikan komputer ini adalah hal yang sangat penting. Apabila pada langkah persiapan ini tidak dilakukan dengan baik maka dapat menyebab ketidak beresan pada langkah berikutnya yaitu langkah perbaikan, oleh karena itu dibutuhkan persiapan yang memadai untuk perbaikan perangkat komputer.
  • Tanya Jawab. Tanya jawab di sini adalah langkah paling awal yang harus dilakukan oleh seorang teknisi. Bukan berarti ini adalah langkah dalam ulangan umum di sekolah atau kuliah tetapi langkah tanya jawab antara anda sebagai teknisi dengan pemilik perangkat komputer yang rusak atau bermasalah. Lalu apa yang harus ditanyakan? yang paling penting adalah pertanyaan yang berhubungan dengan kerusakan komputer, misalnya, tanda awal kerusakan yang dialami oleh pemilik komputer seperti mengeluarkan bunyi tertentu, monitor tidak menampilkan gambar dan lain sebagainya. Langkah ini juga untuk membantu langkah berikutnya yaitu persiapan peralatan yang akan digunakan dalam perbaikan.
  • Persiapan peralatan untuk perbaikan seperti menyiapkan obeng, tang, media penyimpan data dan program, cairan pembersih, lap pembersih dan peralatan lainnya sesuai dengan kebutuhan dan laporan yang didapat dalam sesi tanya jawab di atas.

2. Langkah Perbaikan

Langkah perbaikan merupakan langkah lanjutan dari langkah persiapan di atas. Langkah awal yang harus dilakukan adalah menghidupkan komputer untuk membuktikan sendiri kerusakan seperti yang dilaporkan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa apa yang dilaporkan benar adanya. Kadangkala customer tidak melapor sesuai dengan kerusakan, mungkin karena customer adalah seorang pemakai saja sehingga tidak tahu bagaimana melaporkan jenis kerusakan maupun tanda-tanda kerusakan.

Setelah membuktikan dan ternyata benar bahwa komputer rusak seperti yang disampaikan pada awal tanya jawab, maka langkah berikutnya adalah mengambil tindakan perbaikan komputer. Untuk memperbaiki komputer yang rusak ringan silahkan baca artikel Cara Sederhana Perbaik Komputer Rusak.

3. Langkah Penutup

Langkah penutup adalah langkah terakhir dalam memperbaiki komputer atau segala perangkat komputer. Langkah ini juga termasuk langkah penting yang harus dilakukan seperti melakukan demo. Demo disini adalah mencoba menjalankan komputer untuk membuktikan bahwa hasil perbaikan komputer benar-benar sudah berhasil. Selain melakukan uji coba pertama kali setelah perbaikan, langkah selanjutnya adalah menyimpan segala peralatan perbaikan serta melakukan bersih-bersih. Dan satu langkah yang paling baik yang harus dilakukan adalah menyampaikan persoalan yang ada dengan memberikan penjelasan singkat tentang akibat kerusakan tersebut dan bagaimana cara menghindari kerusakan seperti itu. Hal ini sangat diingini oleh pemilik komputer jadi ini adalah langkah promosi yang baik bagi seorang teknisi.

Demikian Tips Perbaikan Komputer dari blog BIK Pemula untuk para teknisi pemula, semoga tips ini bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Powered by Blogger.

Pengikut Belajar Ilmu Komputer