Cara Benar Menghilangkan Duplicate Title Tag


Cara menghilangkan duplicate title tag ini saya terapkan di blog saya Belajar Ilmu Komputer ini. Sebenarnya sudah lama saya membaca banyak artikel tentang cara menghapus duplicate content, cara menghilangkan duplicate title tag dan lainnya, namun tetap saja duplicate content tetap muncul begitu juga dengan duplicate title, duplicate meta description.


Pada hari ini, saya cukup kaget dengan melihat grafik yang semakin meningkat di halaman Google Webmaster. Kalau meningkatnya berupa meningkat jumlah pengunjung sih saya senang, namun kali ini bukan meningkatkan jumlah pengunjung, justru meningkatnya jumlah duplicate title. Bagaimana tidak kaget, jumlah duplicate meta description mencapai angka 90, duplicate title tag mencapai 263.

Saya bingung, karena duplicate title tag ini terjadi pada artikel yang tampil di perangkat mobile. Hal ini terlihat dari daftar Duplicate Content m=0 dan m=1. Padahal parameter M dan M= sudah saya tambahkan di parameter url, namun tetap saja duplicate meta description serta duplicate title tag terjadi.

Akhirnya saya mencoba menambahkan sebuah kode ke html blog Belajar Ilmu Komputer. Kode tersebut adalah <link expr:href="data:blog.url" rel="canonical"></link>

Kode di atas saya tambahkan pada blog saya per tanggal 4 Nopember 2012 dan setelah pemasangan kode tersebut, setiap hari saya cek di Google Webmaster, berikut adalah hasil yang diperoleh setelah menambahkan kode tersebut.
  1. Pada tanggal 5 Nopember 2012, Duplicate Meta Description turun dari sebelumnya 92 menjadi 82, Duplicate Title Tag yang sebelumnya 263, turun menjadi 242.
  2. Pada tanggal 8 Nopember 2012, Duplicate Meta Description turun dari sebelumnya 82 menjadi 74, Duplicate Title Tag yang sebelumnya 242, turun menjadi 212
  3. Pada tanggal 12 Nopember 2012, Duplicate Meta Description turun dari sebelumnya 74 menjadi 34, Duplicate Title Tag yang sebelumnya 212, turun menjadi 189
  4. Pada tanggal 16 Nopember 2012, Duplicate Meta Description turun dari sebelumnya 34 menjadi 16, Duplicate Title Tag yang sebelumnya 189, turun menjadi 162
  5. Pada tanggal 19 Nopember 2012, Duplicate Meta Description turun dari sebelumnya 16 menjadi 0, Duplicate Title Tag yang sebelumnya 162, turun menjadi 147.
Dilihat dari hasil yang diperoleh blog Belajar Ilmu Komputer tentang perkembangan duplicate meta description serta duplicate title tag di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan memasang kode di atas, sangat bermanfaat menurunkan kesalahan duplicate tilte tag dan meta description.

Bagaimana dengan blog anda?, apakah masih ada juga duplicate meta description atau duplicate title tag? coba saja cara benar menghilangkan duplicate title tag berikut ini.
  1. Login ke Blogger.
  2. Klik Setting
  3. Klik Edit HTML
  4. Klik Procceed
  5. Cari kode <head>
  6. Copy kode brikut <link expr:href="data:blog.url" rel="canonical"></link> dan pastekan tepat di bawah kode di atas (no. 5)
  7. Simpan template anda.
Semoga cara ini dapat membantu para blogger untuk dapat mengurangi duplicate title tag dan duplicate meta description.

6 comments:

Anonymous said...

Semoga Usaha saya untuk Menghilangkan duplicate Title Tags dan Duplicate Meta Deskripsi Berhasil amin .. :D

Unknown said...

makasih infonya sangat bermanfaat.. sukses selalu

hayardin said...

saya juga bang stress tingat tinggi karenaa duplikat,,,saya coba dulu yaa baang pasang,,,

service said...

makasih infonya gan, mudah mudahan Duplicate Title Tag di blog saya bisa hilang.

Anonymous said...

terima kasih tutorialnya,, bisa dicoba dulu
terima kasih

Aunillah said...

Saya hapus url tapi tetep saja kembali lagi...

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer