Cara Install Windows 8 Pro Dual Boot

Cara install Windows 8 Pro dual boot dengan Windows versi sebelumnya yaitu Windows 7. Bagi anda yang belum sempat mencoba install Windows 8, bisa dicoba cara install Windows 8, kemudian mencobanya, kalau memang berkenan ya digunakan terus, tapi kalau tidak berkenan ya mudah dapat dihilangkan kembali Windows 8. Kenapa perlu mencoba Windows 8, karena Windows 8 memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan Windows versi sebelumnya. Mau tahu kelebihan Windows 8, silahkan baca artikel tentang Kelebihan Windows 8.

Sayarat yang harus dipenuhi untuk melakukan installasi Windows 8 dual boot pada umumnya adalah
  1. Sistem Operasi pertama minimum adalah Windows XP SP3
  2. Ruang kosong minimum pada hard disk yang dibutuhkan untuk Windows 8 adalah 10.286 MB, Windows 8 Enterprise adalah 10.166 MB dan Windows 8 Pro adalah 10.264 MB.
  3. Memori minimum yang dibutuhkan adalah 1 GB
  4. Prosesor Minimum untuk install Windows 8, Pentium 4

Cara Install Windows 8 Pro Dual Boot


Sebagai sistem operasi utama pada praktek kali ini adalah Windows 7, jadi saya melakukan installasi Windows 8 setelah Windows 7. Langkah demi langkah proses installasi Windows 8 pada Windows 7 adalah sebagai berikut.

setup windows 8 pro

  1. Masukkan/koneksikan media penyimpan Windows 8 (HDD External, CD Plate, Flash Disk)
  2. Jalankan File Setup dalam folder Win8
  3. Bila muncul jendela konfirmasi, klik Yes
  4. Muncul jendela Windows 8 yang pertama klik Install Now
  5. Pilih No Thanks
  6. Pada jendela pilihan Windows 8, Pilih Windows 8 Pro
  7. Klik Next
  8. Berikan tanda Centang pada I Accept The License Terms
  9. Klik Next
  10. Pilih Custome: Install Windows only (advanced)
  11. Pilih drive tujuan installasi, (saya install di drive/partisi D)
  12. Klik Next dan tunggu proses installasi. Selama proses install, Windows akan melakukan restart komputer, biarkan saja.
  13. Pada jendela permintaan pengisian Product Key, isilah produck key yang anda dapatkan saat membeli Windows 8, bila belum memiliki product key, silahkan klik Skip
  14. Ketik nama komputer pada PC Name, misalnya BelajarKomputer.
  15. Klik Next
  16. Klik Use Express Settings
  17. Isi username, password dan password hint (mis. ilmukomputer, 21041994, tanggal lahir saya)
  18. Klik Finish
start windows 8 pro

Delapan belas langkah di atas adalah cara install Windows 8 Pro dual boot dengan Windows 7. Jadi dalam satu unit komputer terdiri dari dua sistem operasi yaitu Windows 7 sebagai sistem utama dan Windows 8 sebagai sistem tambahan. Meski awalnya Windows 7 adalah sistem utama, namun setelah terinstall Windows 8 pada komputer yang sudah terinstall Windows 7, maka otomatis yang menjadi sistem operasi utama adalah Windows 8, sehingga apabila saat booting dan anda tidak memilih salah satu dari dua sistem operasi (OS), maka komputer akan secara otomatis menjalankan Windows 8.

Bila anda ingin mengganti kembali dan menjadikan Windows 7 sebagai sistem operasi utama, maka pada saat awal boot dan menampilkan jendela pemilihan sistem operasi, pilihlah Change Default or Choose Other Options, kemudian dilanjutkan dengan memilih Windows 7. Setelah itu, klik tombol panah ke kiri (back) dan klik Windows 7. Sekarang sistem oprasi utama anda adalah Windows 7, sehingga setiap kali booting, anda tidak perlu memilih karena secara otomatis komputer akan berjalan pada Windows 7, kecuali anda ingin menggunakan Windos 8 maka harus memilih Windows 8 saat booting. Semoga artikel ini bermanfaat buat semua pengunjung blog Belajar Ilmu komputer.

4 comments:

Windra Asrah said...

Saya mau nanya beberapa pertanyaan:

Pertanyaan Pertama: Kalau misalnya komputer saya Windows 7, tapi mau diupgrade ke Windows 8, pake CDnya Windows 8 mau transfer file, program, dan settingsnya bisa kagak? Karena kalau yang versi downloadnya ketiganya bisa ditransfer ke Windows 8. Makanya perlu ditanyakan. Karena kalau nggak tahu cara installnya, semua driver saya langsung kehapus

Pertanyaan kedua: laptop saya sony vaio, kalau diinstall windows 8 (tidak ditransfer apapun), katanya nggak bisa diinstal drivernya. Ya udah, mau-nggak mau harus co-pas* drivernya dari C ke D. Nah, kalau dipindahin dari D ke C gimana? Apakah jalan??? Karena saya punya masalah di fn+f5 dan f6 (brightness), f7 (WinKey + P), f9 dan f10 (Zoom), serta f12 (Hibernate). Sisanya jalan (Fn + F2 (volume mute), F3 (volume down), dan F4 (volume up)). Ditambah dengan adanya light sensor, apakah ada drivernya keduanya?

*Co-pas artinya copy, lalu paste di suatu tempat

Ketiga: Kadang-kadang metro UInya kagak jalan. Setelah kagak ada Desktop Lighter, Metro UInya jalan lagi (Setelah di-install ulang ke Win7 lalu Win8). Apa sih penyebabnya???? Desktop Lighter atau Metro UInya??? Terkadang saya sering ketipu dengan "registry cleaner". Jangan-jangan itu lagi penyebabnya??? Karena pernah saya recycle PC saya melalui PC Settings, lalu semua drivernya kehapus

Keempat: Waktu saya install Windows 8 disuruh minta dihapus WiFi drivernya sama Bluetoothnya. Apakah nanti di Windows 8 si device managernya nyari sendiri? Karena katanya kagak compatible.

Terakhir: Driver NVidia sering lag. Saya install di Windows 8, brightness jalan, tapi kadang-kadang suka menimbulkan bayangan home screen di beberapa tempat. Terus apa yang saya lakukan??? Uninstall driver atau install driver dari Device Manager?

Makasih kalau udah dijawab

Belajar Ilmu Komputer said...

@Windra
Jawab1:Sy sendri belum pernah coba install sekaligus transfer spt yg anda maksud, jd saya blm bsa bantu.
2.Sepengetahuan sy, driver harus diinstall, bukan di copas. mengenai tombol keyboard rusak, sebaiknya baca cara memperbaiki keyboard laptop.
3,4,5. Sy blm mencoba jg jd sy belum bisa bantu, maaf, mg ada rekan pengunjung yg bisa bantu

antho rianto said...

bisa ga dual bootnya dalam satu partisi ? terima kasih.

Belajar Ilmu Komputer said...

@rianto, kemungkinan gak bisa install dlm 1 partisi gan, meskipun sy belum prnh coba, tp kemungkinan gak bs karena os Windows biasanya melakukan upgrade dari os lama ke os versi terbaru dan os lama diubah directorynya menjadi windows.old

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Powered by Blogger.

Pengikut Belajar Ilmu Komputer