Kerusakan Paling Sering Pada Komputer Desktop

Kerusakan Paling Sering Pada Komputer Desktop - Tidak semua komputer desktop sering mengalami masalah, namun ada beberapa PC desktop sering mengalami masalah kerusakan ringan, namun karena ketidaktahuan pengguna sehingga menganggapnya sebagai kerusakan berat karena memang computer desktop tidak dapat digunakan kalau sedang bermasalah.


Ada beberapa persoalan yang sering dihadapi oleh PC desktop sehingga menyebabkan komputer desktop tidak dapat berfungsi dengan baik. Berikut ini adalah sedikit ilmu dari Belajar Ilmu Komputer untuk mengatasi komputer desktop yang sering rusak.

1. Komputer Tidak Bisa Hidup

Komputer tidak bisa hidup bisa disebabkan beberapa faktor, diantaranya, kerusakan hardware, software maupun faktor pemasangan perangakat komputer desktop yang berubah. Komputer desktop identik dengan berbagai kabel yang terpasang diluar CPU dan Monitor, baik kabel data maupun kabel power listrik. Kedua kabel ini mesti sekali-sekali dikontrol pemasangannya, apakah kondisi terpasangnya masih kokoh atau sudah longgar dan harus dikencangkan lagi. Oleh karena kabel-kabel ini berada di luar CPU dan Monitor sehingga dapat berubah pemasangannya sewaktu-waktu akibat disentuh maupun menggeser atau memindahkan meja atau tempat meletakan komputer desktop. Cek kabel yang terpasang antara CPU dengan stop kontak listrik maupun CPU dengan monitor.

Selain kerusakan diakibatkan karena pemasangan kabel yang sudah longgar atau tidak kokoh lagi, ada juga kerusakan karena penyabab lain.

2. Komputer Hidup Tapi Tidak Bisa Masuk Windows

Kalau kerusakan seperti ini biasanya disebabkan oleh 3 hal yaitu kerusakan software sistem operasi itu sendiri, kerusakan hard disk dan kerusakan memori. Namun tidak tertutup kemungkinan terjadi kerusakan pada komponen lain dalam CPU.

Kenalilah kerusakan komputer hidup tapi tidak bisa masuk Windows dengan berbagai bunyian. Apabila Komputer desktop tidak bisa masuk Windows dan mengeluarkan bunyian tertentu, itu karena kerusakan atau crash pada memori. Silahkan baca artikel tentang Cara Memperbaiki Komputer.

3. Komputer Hidup Tapi Keyboard atau Mouse Tidak Berfungsi

Masalah komputer desktop hidup tapi keyboard atau mouse tidak berfungsi adalah masalah sepele namun bila tidak ditangani dengan baik, bisa-bisa kita akan mengalami kerugian.

Kerusakan apabila keyboard atau mouse tidak bisa berfungsi, jangan langsung di vonis keyboard atau mouse rusak, tapi cobalah cek terlebih dahulu menggunakan keyboard lain atau mouse lain pada komputer tersebut, apabila keyboard atau mouse lain dapat berfungsi dengan baik pada komputer tersebut, maka bisa dipastikan bahwa keyboard atau mouse tersebut benar-benar rusak, namun bagaimana bila setelah mengganti keyboard atau mouse yang lain namun tetap tidak bisa berfungsi dengan baik?

Hal ini yang harus diperhatikan karena bisa saja vonis keyboard atau mouse rusak adalah vonis yang salah. Dengan demikian akan menjadi sia-sia keyboard baru yang telah dibelikan. Oleh karena itu pastikan dulu kerusakan dengan cara menukar keyboard atau mouse yang lain atau bisa juga dengan mencoba keyboard atau mouse tersebut di komputer yang berbeda. Mungkin saja bukan keyboard atau mouse yang rusak tetai port keyboard/mouse yang rusak.

Apabila terjadi kerusakan pada port keyboard atau mouse, maka langkah terbaik dan hemat adalah dengan membeli konverter keyboard. Apabila kerusakan pada port ps/2 keyboard/mouse, maka belikan konverter keyboard+mouse dari ps/2 ke USB.

4. CPU Hidup Tapi Monitor Tidak Muncul Gambar

Kerusakan model ini juga sering dialami pada komputer/PC desktop, ini biasanya karena komputer desktop tidak digunakan beberapa lama. Waktu liburan seperti saat ini biasanya digunakan untuk berekreasi ke tempat wisata, dan biasanya komputer desktop tidak dibawah karena memang desain PC desktop tidak untuk dibawah kemana-mana. Oleh karena cukup lama tidak digunakan, apabila dihidupkan hanya CPU yang hidup namun monitor tidak menampilkan gambar.

Kalau anda mengalami masalah seperti ini, sebaiknya segera matikan CPU dan monitor, kemudian buka casing CPU dan lepas kepingan memori dan lanjutkan dengan memasang kembali kepingan memori tersebut. Dengan cara sederhana ini komputer akan bisa hidup kembali.

5. Komputer Desktop Mati Sendiri

Artikel yang menjelaskan penyabab komputer desktop tiba-tiba mati sendiri sudah pernah saya tulis dalam blog ini. Bagi yang belum pernah membacanya atau yang sedang mebutuhkan cara mengatasi komputer mati sendiri, silahkan baca artikel di blog ini juga. Pada artikel tersebut Belajar Ilmu Komputer mengurai penyebab Komputer Mati Sendiri, dengan mengetahui penyebab komputer mati sendiri maka diharapkan dapat mengatasi komputer mati sendiri tersebut. Silahkan baca artikel Mengapa Komputer Mati Sendiri.

6. Komputer Desktop Meminta Tekan Tombol Tertentu

Kondisi komputer desktop seperti ini bisa juga dialami oleh komputer jenis lain seperti laptop. Hal ini dikarenakan baterai BIOS sudah tidak berfungsi dengan baik, baterai BIOS tidak mampu menyimpan settingan sistem awal sehingga user diminta untuk menekan tombol tertentu untuk masuk ke BIOS dan memperbaikinya. Tombol yang biasanya diminta untuk ditekan adalah tombol F1, F2, Del dll.

Kalau masalah ini muncul, sebaiknya lakukan pergantian baterai BIOS yang baru agar dapat menyimpan settingan sistem termasuk seting tanggal dan waktu pda sistem BIOS.

7. Komputer Sering Hange (lambat)

Komputer yang semakin tua, biasanya kendalanya adalah kinerja komputer semakin lambat. Adakalahnya perangkat kerasnya tidak rusak dan RAM cukup besar namun kerja komputer tetap saja lambat. Ini bisa saja karena daya tampung storage sudah penuh. Mengingat saat ini banyak kita suka mendownload lagu-lagu, video-video dari youtube jadi ada kemungkinan hrd disk cepat penuh.

Oleh karena daya tampung hard disk sudah penuh maka menyebabkan kerja komputer menjadi lambat bahkan sangat lambat. Cobalah backup data seperti musik dan video yang jarang terpakai di tempat lain agar hard disk tidak kepenuhan. Simpanlah lagu-lagu dan video-video yang sering diputar saja agar menjaga kapasitas hard disk tetap berimbang dan tidak penuh. Selain karena penuhnya hard disk, anda juga bisa membaca artikel tentang Penyebab Komputer Lambat.

Itulah 7 kerusakan paling sering pada komputer desktop, dan masih banyak penyebab lainnya. Namun berdasarkan pengalaman Belajar Ilmu Komputer, kerusakan-kerusakan seperti di atas adalah kerusakan yang paling sering terjadi, dan ada cara mudah untuk mengatasinya. Silahkan mencobanya sendiri untuk mengatasinya kalau anda punya waktu untuk itu. Semoga info tentang kerusakan yang paling sering terjadi pada komputer desktop ini dapat berguna.

3 comments:

Unknown said...

ga ada cara memperbaikinya gan

rey sh said...

misi gan. saya mau tanya, komputer saya udah lama gak di pakai, trus saya nyalain, mlah gak nyala gan,. mungkin agan tau apa yang harus dperbaiki, tolong bales ya.

rey sh said...

misi gan. saya mau tanya, komputer saya udah lama gak di pakai, trus saya nyalain, mlah gak nyala gan,. mungkin agan tau apa yang harus dperbaiki, tolong bales ya.

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer