Penggunaan Laptop Yang Benar

Penggunaan Laptop Yang Benar - Penggunaan laptop kadang kala dianggap sepele. Mulai dari cara memegang dan cara membawanya hingga ke cara memakainya masih banyak yang keliru. Kekeliruan penggunaan laptop/notebook, netbook dan lainnya bisa menyebabkan kerusakan pada laptop itu sendiri. Oleh karena itu Belajar Ilmu Komputer menjelaskan cara menggunakan laptop yang benar agar meminimalisir kerusakan yang diakibatkan oleh kelalaian penggunanya.


Tips Aman Menggunakan Laptop

1. Memegang laptop. Memegang laptop tidak sebarangan memegang menggunakan satu tangan, alangkah lebih amannya gunakanlah kedua tangan anda untuk memegang laptop. Hal ini untuk menghindari laptop dari jatuh, atau baut pengikat casing laptop menjadi longgar sehingga body laptop tidak tertutup rapat (meski jarang terjadi).

2. Membawa Laptop. Laptop merupakan salah satu perangkat mobile yang mudah dibawa kemana-mana, namun masih ada saja yang tidak memperhatikan keamanan laptop tersebut. Misalkan saja bagi pengguna sepeda motor, tas laptop yang digendong tidak menggantung di badan melainkan disandarkan pada jok motor ketika berkendara. Meski sudah menggantung di leher, akan tetapi tali dari tas laptop tetap saja dipanjangkan sehingga tas laptop menyentuh jok/body sepeda motor. Hal ini dapat menimbulkan benturan ketika dalam perjalanan dan dapat menyebabkan kerusakan pada laptop.
Salah satu komponen didalam laptop yang paling rentan rusak akibat getaran adalah hard disk. Apabila terlalu sering mendapatkan getaran yang berlebih, hard disk bisa error bahkan hingga muncul bad sector.

3. Menggunakan Laptop. Menggunakan laptop ini juga sangat penting demi menjaga agar laptop/notebook bisa lebih lama bertahan hidup. Paling penting didalam menggunakan laptop adalah mengetahui kemampuan laptop itu sendiri sesuai dengan spesifikasi laptop itu sendiri. Apabila spesifikasi laptopnya minimalis ya janganlah diinstall aplikasi kelas tinggi seperti game-game 3D dan lainnya yang tentunya memaksa kinerja laptop itu sendiri. Pasanglah software yang memang dibutuhkan dan sesuai dengan kemampuan laptop itu sendiri.

Masih banyak pengguna laptop tidak menyadari kemampuan laptopnya, sehingga setiap ada software terbaru muncul di internet, langsung didownload dan diinstall pada laptopnya, hal ini yang menyebabkan laptop sering lambat dan bahkan hange karena kerja laptop dipaksa.

Waktu penggunaan laptop juga sebaiknya tidak terlalu lama, berikan waktu untuk laptop beristirahat dan jangan menjejal laptop sepanjang hari dengan permainan. Bila ingin memainkan game, sebaiknya bermainlah game pada komputer desktop karena laptop di rancang hanya untuk penggunaan cepat sang sifatnya mobile.

Salah satu penggunaan laptop yang salah adalah pada penggunaan baterai laptop. Ada yang ketika menggunakan selelau memasang baterai meskipun sedang di charge. Hal ini tidak salah akan tetapi ketika baterai sudah terisi penuh segeralah dilepas kabel adaptor dari stop kontak dan gunakan daya dari baterai. Setelah ketahanan baterai sudah menurun hingga 10% setelah pemakaian, segeralah memasangkan kembali adaptor ke listrik untuk mengisi kembali daya pada baterai.

Ada banyak pengguna oleh karena malas, membiarkan baterai tetap tercharge meski sudah full charge, ini dapat menyebabkan baterai laptop cepat drop.
Selain itu laptop sebaiknya jangan digunakan dengan kondisi baterai di lepas, hal ini untuk melindungi komponen laptop dari tidak stabilnya listrik dirumah atau di tempat kerja anda.

Demikian tips menggunakan laptop yang baik dan benar dan Belajar Ilmu Komputer, semoga sedikit tips ini dapat menginspirasi pengunjung untuk lebih memperhatikan semua aspek yang dapat memperpanjang umur penggunaan laptop.

3 comments:

Unknown said...

bagus blog anda buat saya yg pemula terimakasih infonya..

Unknown said...

terima kasih infonya, sangat bermanfaat sekali..:)

Bhayu Blog said...

Terima kasih atas berbagi pengetahuannya sangat menarik dan bermanfaat, salam kenal dan sukses terus

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer