Powered by Blogger.

Pemasangan Kabel Jaringan Lokal Stright Cross

Kabel merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah jaringan lokal atau local network. Untuk itu sangatlah perlu diperhatikan dengan baik pada saat awal pemasangan kabel jaringan dalam sebuah perusahaan baik itu perusahaan yang kecil ataupun yang besar.
Semua ini dilakukan agar tidak terjadi adanya pekerjaan yang dilakukan berulang, khususnya dalam pemasangan kabel jaringan pada konektor rj45. Apabila dalam pemasangan kabel jaringan pada konektor terjadi kesalahan yang menyebabkan koneksi antar komputer tidak berjalan maka sudah tentu kita harus memotong kembali kabel yang sudah terpasang pada konektornya, dan konektornya pun harus di ganti dengan yang baru.

Agar tidak terjadi hal seperti di atas, dan menghindari pengeluaran biaya yang bertambah akibat penggantian konektor yang berlebihan maka sebaiknya pada saat awal pemsangan kabel dengan konektor harus diperhatikan dengan baik dan benar serta susunan atau urutan kabel pun harus di pasang yang benar.
Ada dua bentuk atau tipe pemasangan kabel jaringan yaitu pemasangan secara lurus atau stright dan pemasangan kabel jaringan secara silang atau cross. Stright atau lurus biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer dengan hub sedangkan kabel silang atau cros biasanya digunakan untuk menghubungkan hub dengan hub.
Susunan atau urutan kabel lurus atau stright pada jaringan lokal seperti berikut yang dimulai dari pin 1 (pertama).


1--Putih Orange
2--Orange
3--Putih Hijau
4--Biru
5--Putih Biru
6--Hijau
7--Putih Coklat
8--Coklat

Sedangkan untuk pemasangan kabel jaringan dengan urutan silang atau cross pada kedua ujung kabel seperti berikut,

Ujung 1------------Ujung 2
1--Putih Orange---1--Putih Hijau
2--Orange---------2--Hijau
3--Putih Hijau-----3--Putih Orange
4--Biru------------4--Biru
5--Putih Biru------5--Putih Biru
6--Hijau-----------6--Orange
7--Putih Coklat----7--Putih Coklat
8--Coklat----------8--Coklat


Penjelasannya, pada pin1 ujung 1 dipasang kabel berwarna Putih Orange sedangkan pada pin 1 ujung 2 (ujung kabel lainnya) dipasang kabel berwarna Putih hijau, Pin 2 ujung 1 dipasang kabel berwarna Orange dan pin 2 ujung 2 dipasang kabel berwarna Hijau dan seterusnya sesuaikan dengan tabel di atas sampai pin ke 8.

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer