Powered by Blogger.

Administrasi Jaringan Windows dengan RAdmin

RAdmin (Remote Administrator) merupakan sebuah program yang digunakan untuk melakukan remote terhadap mesin komputer yang terhubung dalam satu jaringan LAN (Local Area Network).
Untuk dapat menggunakanprogram RAdmin, tentunya kita harus memiliki program RAdmin yang sudah terinstall dalam komputer baik di pusat (server) maupun di klien (cabang).
Apabila anda belum memiliki proram RAdmin, bisa anda dapat di http://www.radmin.com versi trial sebagai bahan percobaan.
Pada pembahasan dalam artikel ini penulis menggunakan RAdmin versi 2.1.

Dengan asumsi bahwa program RAdmin sudah terinstall di komputer dalam jaringan lokal anda maka selanjutnya anda dapat melakukan remote pada komputer lain di dalam jaringan LAN tersebut.

Perlu diingat bahwa sebelum menjalankan program RAdmin ada beberapa hal yang harus di lakukan yaitu :
  • Menjalankan Server RAdmin agar program RAdmin aktif dalam memori sehingga siap menjalankan remote komputer kapan saja dibutuhkan. Caranya klik Start-Remote Administrator-Start remote Administrator Server
  • Menghentikan Server RAdmin. Apablia pada suatu saat anda tidak membutuhkan pelayanan program RAdmin maka bisa diberhentikan dengan cara klik Start-Remote Administrator-Stop Remote Administrator Server. Setelah melakukan Stop remote administrator server maka pada komputer tersebut tidak dapat melakukan remote terhadap komputer lain maupun dari komputer lain terhadap komputer tersebut dalam jaringan Local Area Network
Salah satu kemampuan dari program RAdmin yang sangat penting adalah mampu berhubungan dengan komputer lain dengan sistem remote full, yang berarti bahwa apa yang ditampilkan dan dilakukan pada komputer klien akan dapat ditampilkan secara keseluruhan pada komputer server.
Ada beberapa jenis hubungan yang dilakukan dengan menggunakan RAdmin
  • Full Control : Akses penuh pada komputer target/klien termasuk menjalankan mouse dan keyboard serta semua aplikasi program yang ada di dalamnya
  • View Only : hanya bisa melihat tampilan dan aktivitas yang dilakukan pada komputer target tetapi tidak bisa mengendalikan komputer target tersebut
  • TelNet : digunakan untuk masuk ke komputer target menggunakan fasilitas TelNet
  • File Trasnfer : mengirim atau mentransfer file antar komputer dalam jaringan LAN.
  • Shutdown : mematikan komputer (shutdown) komputer target.
Untuk membuktikan bahwa program RAdmin sudah terinstall dengan benar dan jalan dengan baik coba lakukan shutdown salah satu komputer dalam jaringan LAN (Local Area Network).

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer