Powered by Blogger.

Installasi Windows 2000 Advance Server

Untuk membangun suatu jaringan lokal LAN (Local Area Network) yang baik tentunya meliputi berbagai aspek pendukung untuk merancang jaringan tersebut, baik berupa hardware maupun software.

Spesifikasi hardware pun harus mendukung system operasi windows 2000 advance server.
Penulis dalam praktikum kali ini menggunakan IBM X Series 206, dengan memori 512 MB, Harddisk 80 GB dibagi dua partisi C sebagai tempat menyimpan file program, dan partisi D sebagai tempat untuk menyimpan data.

Sebelum melakukan Installasi Windows 2000 advance server, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu segala kebutuhan yang akan dugunakan dalam jaringan seperti PC sebagai Server, NIC (Network Interface Card), Hub/Switch Hub, kabel jaringan yang sudah terpasang dengan connector rj45 pada kedua ujung kabel serta CD program windows 2000 advance server.
Bila segala kebutuhan installasi sudah dipersiapkan maka segarang mari kita mulai dengan installasi windows 2000 advance server ke PC nantinya akan digunakan sebagai server dalam jaringan.

Langka pertama, masukan CD (Compact Disk) program windows 2000 advance server ke CD-ROM drive dan lakukan booting dari CD.
Tunggu beberapa saat hingga muncul pada monitor "Windows 2000 server Setup" yang terdapat 3 pilihan yaitu :
To Setup Windows 2000 now, press ENTER
To repair a windows installation, press R
To quit Setup without installing windows 2000, press F3
Tekan ENTER untuk melakukan installasi windows 2000 hingga muncul dua pilihan pada layar yaitu :
To continue Setup, press C
CAUTION:Any data currently on your computer's startup hard disk will be lost
To quit setup, press F3
Tekan C untuk melanjutkan ke langka berikutnya yaitu membaca semua peraturan dan kesepakan dalam menggunakan windows 2000, tekan F8 untuk menyetujui semua persyaratan yang ada dan melanjutkan ke langka berikutnya.
Bila hard disk anda sebelumnya belum di partisi maka di sini anda harus mempartisi hard disk anda terlebih dahulu sebelum menlanjutkan installasi ke langka berikutnya.
Perhatikan disitu ada 3 pilihan yaitu
To setup Windows 2000 on the slected item, press ENTER (ini dipilih apabila hard disk anda sudah terpartisi sebelumnya)
To create a partition in the unpartitioned space, press C
To delete the selected partition, press D
Dengan asumsi hard disk anda sebelumnya belum dipartisi maka tekan C untuk membuat partisi hard disk anda.
Tekan C untuk melanjutkan ke langka berikutnya yaitu membaca semua peraturan dan kesepakan dalam menggunakan windows 2000, tekan F8 untuk menyetujui semua persyaratan yang ada dan melanjutkan ke langka berikutnya.
Tentukan ukuran partisi hard disk anda sesuai dengan kebutuhan dan besarnya kapasitas hard disk anda, kemudian tekan ENTER.
Gunakan anak panah pada keyboard untuk memilih partisi yang belum di create dan lakukan seperti langka sebelumnya, kemudian kita akan mem-format hard disk yang sudah kita partisi tadi.
Perlu diingat bahwa untuk menginstall windows 2000 advance server harus menggunakan file sistem NTFS.
Tunggu beberapa saat hingga proses formating hard disk selesai dan melanjutkan dengan setup windows 2000 dan tunggu hingga muncul jendela Regional Settings dan klik Next.
Pada jendela Personalize Your Software, masukan nama anda dan nama organisasi anda lanjutkan dengan menekan Next.
Masukan product key yang anda peroleh di waktu membeli cd program windows 2000 advance server, pada jendela Your Product Key.
Tentukan mode lisensi anda pada jendela Licensing Modes, sebagai standart kita gunakan Per server. Number of concurret connections : 5 dan tekan Next.
Pada jendela Komputer Name and Administrator Password, ketiklah nama komputer yang dikehendaki, sebagai contoh kita gunakan "SERVERKU" dan masukan password administratornya dan lanjut ke langka berikutnya dengan menekan Next.
Di jendela Windows 2000 Components, lanjutkan saja dengan menekan Next untuk menuju ke jendela Date and Time Settings dan tentukan Tanggal dan jam serta time zone sesuai dengan area time zone anda.
Klik Next untuk melanjutkan ke langka berikutnya yaitu Setting jaringan, tunggu beberapa saat hingga muncul jendela Networking Settings dan pilih Custom Settings, kemudian lanjutkan dengan menekan Next untuk menuju ke langka menentukan IP (Internet Protocol) Address dan DNS (Domain Name System) Server, untuk IP Address isikan sebagai berikut : 192.168.1.220 dengan subnet masknya isikan dengan 255.255.255.0 (untuk kelas C) serta Preferred DNS Servernya masukan 192.168.1.220 lalu tekan OK
Pada jendela Workgroup or Computer Domain, tentukan nama workgroup anda dan tekan Next untuk pilihan "No, this computer is not on a network, or is on a network without a domain".
Sebagai praktikum kita gunakan pilihan yang kedua yaitu : "Yes, make this computer a domain", dan tentukan nama domainnya sebagai contoh kita gunakan "BAGUS.COM" (tanpa tanda petik ya) dan tekan Next.
Langka selanjutnya kita diminta untuk memasukan user name dan password, masukan user name dan password anda dan tekan Next dan tunggu hingga muncul jendela "completing the windows 2000 setup wizard". Klik finish untuk mengakhiri proses installasi dan windows akan merestart komputer anda.
Proses installasi Windows 2000 Advance server pada PC anda sudah selesai, selamat mencoba

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer