Pengenalan Dan Setting IP Address

IP Address merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi dalam membangun sebuah jaringan, karena apabila tanpa IP address maka proses pengiriman informasi atau data antara komputer dalam jaringan tidak akan terjadi.

Jadi IP Address itu apa ? IP address adalah merupakan alamat yang diberikan pada suatu komputer dan merupakan identitas komputer itu sendiri, sehingga dapat dikenal oleh komputer lain dalam melakukan pengiriman dan penerimaan data atau informasi melalui jaringan.

IP address terdiri dari 4 (empat) kelompok bilangan decimal yang masing-masing kelompok terdiri dari 3 bilangan yang menyatakan 8 bit bilangan biner. Jadi IP address terdiri dari 32 bit (8 bit x 4 kelompok).

Dari 4 (empat) kelompok bilangan decimal dalam IP address tersebut, ada dua bagian penting untuk mengidentifikasi komputer tersebut dalam sebuah jaringan yaitu Network ID dan Host ID.
Network ID adalah alamat yang diberikan untuk jaringan komputer atau yang menentukan identitas jaringan. sedangkan Host ID adalah alamat yang diberikan kepada host (komputer, router).
 
Berikut ini adalah contoh IP address :
192.168.0.1
123.123.1.1
 
Untuk melakukan setting IP Address pada Windows 7 silahkan ikuti langkah berikut
 
  1. Klik Start - Control Panel
  2. Klik Network and Internet
  3. Klik View Network Status and Tasks
  4. Klik Change Adapter Settings
  5. Double Click Local Area Connection
  6. Double Click Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)
Selanjutnya atur IP Address sesuai dengan kebutuhan dalam jaringan, dan bagi anda yang menggunakan Windows 10 silahkan ikuti langkah berikut untuk mengatur IP Address

  1. Klik kanan pada Start kemudian klik Control Panel
  2. Klik Network and Internet
  3. Pada bagian Network and Internet, klik View Network Status and Tasks
  4. Klik Change Adapter Settings
  5. Double Click Ethernet
  6. Double Click Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)
Selanjutnya silahkan atur IP Address sesuai dengan kebutuhan pada jaringan tersebut, perlu diingat bahwa penulisan IP Address ini ada aturannya, dan tidak sembarangan menulis angka untuk alamat IP

Demikian artikel dari Belajar Ilmu Komputer tentang IP Address

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer