Posting Code HTML/Java Script

Anda bisa melihat kotak yang berisi kode HTML/javascript yang berada di sebelah kanan blog ini, cara membuatnya tidak terlalu sulit. Apabila kode html tersebut langsung diketik seperti apa yang dilihat maka kode html tersebut akan langsung dieksekusi sehingga kode tersebut tidak dapat dilihat, namun agar kode tersebut dapat dilihat harus diubah terlebih dahulu. Ikuti langkah berikut agar penulisan kode html tidak untuk dieksekusi tetapi untuk dilihat oleh pengunjung blog.

Untuk membuat kotaknya sendiri lihat codenya adalah sebagai berikut :

<textarea rows="5" cols="25" name=""code"">

....

</textarea>

tanda titik-titik itu sbegai tempat yang nantinya diisi dengan text atau code html/javascript. Jika code di atas digunakan maka hasilnya akan seperti berikut :



Sekarang tinggal bagaimana caranya memasukan code html/javascript ke dalam kotak text tersebut. Untuk penulisan code html/javascript dalam posting agar tetap dibaca sebagai code html/javascript membutuhkan tugas extra untuk mengubah code javascript tersebut agar di anggap sebagai text sehingga bisa dibaca sebagai code html/javascript.
caranya ubah semua kode html/javascript yang bertanda < (lebih kecil), " (tanda petik dua) dan > (lebih besar) seperti berikut :

< menjadi &lt;
" menjadi &quot;
> menajdi &gt;

Anda bisa mengubah code html/javascrip anda disini.sebagai contoh kita mengubah code html/javascript untuk membuat kotak text diatas

<textarea rows="5" cols="25" name=""code"">


....

</textarea>

diubah menjadi :

&lt;textarea rows=&quot;5&quot; cols=&quot;25&quot; name=&quot;&quot;code&quot;&quot;&gt;

....

&lt;/textarea&gt;

proses mengubah ini agar code html/javascript yang kita posting tetap bisa dibaca sebagai code html/javascript dan komputer tidak mengeksekusi code tersebut sebagai code pemrograman.

Selengkapnya kita coba gabungkan kotak text dengan code html/javascriptnya :

<textarea rows="5" cols="25" name=""code"">

<script src="http://feeds.feedburner.com/BelajarIlmuKomputer?format=sigpro" type="text/javascript"></script><noscript><p>Subscribe to RSS headline updates from: <a href="http://feeds.feedburner.com/BelajarIlmuKomputer"></a>Powered by FeedBurner</p></noscript>


</textarea>


Warna merah adalah code html/javascript untuk kotak text dan warna orange adalah code html link ke blog Belajar Ilmu Komputer maka hasil akhirnya adalah sebagai berikut :



selamat mencoba

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer