Belajar Otodidak Merekam Suara Pada Adobe Audition 1.5

Generasi komputer saat ini sudah melengkapi fitur-fitur serta fasilitas yang sering dibutuhkan oleh pengguna komputer seperti misalnya radio, televisi, modem, microphone dan masih banyak lagi. Namun masih banyak juga yang tidak mencoba memanfaatkan fasilitas yang sudah tersedia tersebut.
Pada kesempatan ini saya ingin menulis tentang bagaimana cara merekam suara kita ke dalam pc/komputer, atau merekam suara apa saja ke dalam pc dengan adobe audition 1.5.

Daripada microphone yang tersedia di pc hanya kita gunakan untuk chating, voice call melalui internet, tapi coba buktikan diri anda bahwa anda juga adalah seorang artis (artis dirumah sendiri), dengan mencoba merekam suara anda sendiri kemudian mengolahnya menjadi sebuah clip audio yang bisa anda nikmati sendiri, syukur-syukur kalo orang lain pun turut gembira mendengar suara anda yang anda buat sendiri di studio rekaman pribadi di rumah anda sendiri dengan peralatan yang sederhana namun hasilnya cukup memuaskan (asal suaranya gak kayak piring pecah ya hehehe.).

Dalam percobaan saya, saya menggunakan laptop dalam mengedit rekaman saya di adobe audition 1.5.
Mari coba kita sama-sama belajar untuk mengikuti langkah-langkah berikut untuk merekam suara anda nan merdu itu.
Langkah pertama, sediakan sarana prasarana pendukung dalam perekaman seperti VCD player untuk memainkan lagu karaoke, Microphone untuk PC terpasang pada pc atau kalo menggunakan latptop maka aktifkan microphonenya, software adobe audition 1.5, dan sebuah televisi untuk melihat lagu-lagu yang dimainkan (bisa juga manfaatkan windows media player sebagai player).
Setelah semuanya siap mari lanjut ke langkah berikutnya yaitu merekam suara di adobe audition.
Jalankan adobe audition 1.5 sehingga masuk ke window adobe audition seperti yang terlihat dalam gambar di bawah ini dan klik multitrack view (lihat tanda panah warna merah)

Setelah itu klik pada huruf R yang saya beri tanda merah dalam gambar di bawah ini, yang berarti bahwa adobe audition akan melakukan proses perekaman (record) suara.

Langkah selanjutnya perhatikan bagian kiri bawah ada tanda titik merah (record button) yang sudah saya beri tanda garis lingkar warna ungu. Langkah ini dilakukan harus bersamaan dengan memainkan lagu di vcd player karena bila tombol recordnya di tekan maka proses perekaman mulai berjalan jadi anda juga harus siap-siap untuk memulai bernyanyi mengikuti irama di vcd player agar suara anda terekam ke dalam pc (gunakan microphone yang ada).
Dalam proses perekaman perhatikan indikator audio (suara anda) yang di tampilkan pada adobe audition seperti dalam gambar yang saya tandai dengan lingkaran hijau.

Langkah selanjutnya, bila lagunya sudah berakhir dinyanyikan maka tekan tombol record sekali lagi agar proses perekaman di berhentikan.
Langkah merekam suara anda sudah berhasil, dan sekarang lanjut ke bagaimana cara mendengar suara anda yang sudah terekam tadi.
Perhatikan pada gambar di bawah ini pada lingkaran warna hijau tanda R sudah kembali ke keadaan off artinya perekaman sudah selesai, kalo masih dalam keadaan on silahkan tekan pada tanda R tersebut.
Setelah itu klik tombol play pada bagian kiri bawah adobe audition

Bagaimana dengan hasil suara anda yang terekam tadi ?, silahkan menilai sendiri dan kalau hasilnya bagus anda sudah bisa menghasilkan album music sendiri.
Mencoba itu lebih baik daripada tidak sama sekali... Inilah hasil rekaman suara saya, silahkan dimainkan, semoga bermanfaat dan menghibur.

Selamat mencoba...

Judul Lagu : Satu Tetes Aer Susu Mama

10 comments:

mursidi setyo tunggal selo said...

kalau mau merekam suara dalam jangka panjang dan terhubung dengan mixer, softwrae ini bisa digunakan tidak gan??

Hendri Piran said...

@mursidi, Adobe audition pernah saya gunakan merekam musik yg dimainkan di Organ/Piano, berarti waktu lama yg anda maksud adalah sepanjang 1 lagu tentu bisa.

Moh Arifrahman S said...

langsung ke TKP....
==============> makasih banget gan....

Gustiano tubagus said...

jenis lagu/musik apa saja yang bisa di rekam??

Gustiano tubagus said...

kalo lagu jenis MP3 tidak bisa .. udh saya coba

Hendri Piran said...

File music-nya bisa disave dlm format mp3, wav, wma, dbl dan masih banyak lagi, jd mp3 juga bisa dan sya selalu mengubah lagu dari video menjadi mp3 pake adobe audition

Yeery Travis said...

Koq gk ada link downloadnya?

Belajar Ilmu Komputer said...

@Yeery Travis, maksudnya link apa? kalo anda mau download adobe audition silahkan klik di sini.

ribut boys said...

klo edit vocal yang abgus di effek apa/yang kyk gmn
gan,maksih

Belajar Ilmu Komputer said...

klo yg sy coba di lagu yg sy nyanyikan di atas, sy gunakan setting Delay Effects-Echo-Mono Vovals 1, kemudian atur Decay, Delay dan Initial Echo Volume. Silahkan dicoba sambil mendengarkan bro...smg bs membantu

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Powered by Blogger.

Pengikut Belajar Ilmu Komputer