Memasang Polling di blog

Salah satu komponen yang secara gratis di sediakan di blogger adalah poll (polling) yang dapat dimanfaatkan oleh seorang blogger untuk melakukan pollin tertentu baik tentang informasi yang ada pada blog itu sendiri maupun lainnya seperti misalnya sekarang ini sedang hangat-hangatnya berita di se antero dunia tentang akan dilaksanakannya pemilihan Presiden Amerika pada tanggal 4 Nopember mendatang dan yang menjadi calon presidennya adalah Barack Obama dari partai Demokrat dan lawan politiknya John Mc Cain.
Polling bisa berbunyi seperti berikut, Presiden Amerika Pilihan anda ? dan jawaban yang disipkan adalah Barack Obama dan John Mc Cain.

Bisa juga polling tentang Presiden Indonesia Tahun 2014, dengan jawaban yang disediakan misalnya Susilo Bambang Yudoyono, Wiranto, Prabowo, Megawati, Sri Sultan.
hei-hei-hei.. kenapa kita sekarang jadi berbicara politik ? semakin jauh dari Belajar Komputer ya...Belajar Komputer koq polling tentang politik segala ya... :), ya... yang itu tadi cuman contoh tapi kali ini kita gunakan contoh misalnya membuat polling tentang isi blog kita sendiri seperti polling yang ada di blog Belajar Ilmu Komputer ini.
Bagaimana cara memasangnya ? ikuti langkah berikut,
Login ke blogger dengan akun anda kemudian klik pada Layout/tata letak, selanjutnya klik Add Gadget/Tambah Gadget dan pilih Poll (lihat gambar berikut) dengan satu kali klik pada kata Poll atau image yang ada di sebelah kirinya.

Jendela berikut ini untuk diisi apa yang akan dijadikan polling, sebagai contoh kita gunakan untuk mengetahui informasi yang ada di blog kita jadi, ketiklah Question/Pertanyaan : Informasi di bLog ini ?
Kemdian pada Answer/jawabannya berikan beberapa pilihan seperti, 1. Sangat Bermanfaat, 2. Cukup Bermanfaat, 3. Kurang Bermanfaat, 4. Tidak Bermanfaat.
Bilah jawaban anda lebih dari 4 jawaban maka klik pada Add another answer/tambahkan jawaban lain.

Di bagian bawah Add another answer ada pilihan Allow visitors to select multiple answer, ini di berikan tanda centang/rumput apabila anda menghendaki setiap pengunjung untuk memilih lebih dari 1(satu) jwaban.
Di sebelah bawahnya lagi anda diminta menentukan batas waktu (tanggal dan jam) polling anda berkahir.
Misalkan Polling anda dibuka selama 1 tahun mulai dari tanggal 25 September 2008 hingga 25 September 2009, berarti tanggal yang akan di masukan pada Poll closing date and time/polling ditutup tanggal dan waktu adalah tanggal 25 September 2009 dan waktunya terserah anda sendiri. Lihat gambar berikut

Langkah terakhir adalah menempatkan polling ke blog dengan menekan tab save/simpan.

semoga bisa membantu...

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer