Menambah Site Info pada Blog

Pernah lihat Site info seperti gambar di bawah ini di blog-blog atau di website orang lain ? saya yakin semua yang pernah browsing di internet atau belajar internet online pasti sudah terlalu sering melihat site info seperti ini.
Dengan memasang site info, maka sang pemiliki blog akan lebih mudah mengikuti perkembangan blognya di internet, karena pada site info ditampilkan ranking blog kita yang dihitung berdasarkan besarnya pengunjung yang browsing di blog kita serta jumlah back link (link balik) dari website atau blog line.
Selain membantu blogger untuk mengontrol perkembangan blognya ada juga keuntungan lain yang bisa diperoleh dengan memasang site info alexa pada blog atau website yaitu lebih cepat meningkatkan ranking blog kita.
Kenapa musti alexa, salah satu alasannya adalah karena beberapa program PPC (pay per click), menggunakan ranking alexa untuk menentukan besaran nilai kliknya, semakin besar ranking (ranking terbesar adalah 1), maka semakin besar juga nilai klik.

Nah sekarang bagaimana cara menempatkan atau memasang Site Info seperti gambar di bawah ke blog anda ? ikuti langkah berikut

Klik di sini untuk memulai membuat Site Info di alexa. Setelah itu klik pada Webmaster's Corner, perhatikan lingkaran warna merah dalam gambar berikut

Setelah masuk ke window Webmaster's Corner, anda dihadapkan untuk beberapa pilihan seperti Widgets, Custom Toolbar, Link Report, Web Store dan Alexa Data.
Klik pada Widgets. Lihat gambar berikut

Setelah itu ada tiga pilihan widgets yang ada yaitu Alexa Traffic Graph, Alexa Site Stats Button dan Alexa Traffic Rank Button. Pilih Alexa Site Stats Button bilah anda ingin menampilkan juga Back Link, sedangkan apabila anda tidak ingin menampilkan back link maka pilih saja Alexa Traffic Rank Button.
Perhatian ! sebelum klik pada Build Widget untuk membuat Site Infi anda, terlebih dahulu masukan alamat URL blog anda pada kotak kosong yang berada di sebelah kiri tab Build Widget, contoh http://belajar-ilmu-komputer.blogspot.com.
Setelah itu barulah menekan tab Build Widget untuk mendapatkan scriptnya. Lihat gambar.

Langkah berikut adalah mengambil/copy script yang diperoleh dan menempatkannya di blog. Caranya. Perhatikan gambar berikut, yang paling kiri adalah bentuk tampilan Site Info yang akan terlihat dalam blog kita dan yang berada di sebelah kanan itu adalah script yang harus kita copy dan paste di blog kita.
Klik dalam script kemudian tekan CTRL + A (tanpa tanda plus ya...), kemudian klik kanan dan pilih copy.

Selanjutnya login ke blogger dengan akun anda dan klik layout/tata letak, kemudian klik Add Gadget/tambah gadget, selanjutnya pilih html/javascript, kemudian tekan CTRL + V (ingat tanpa tanda +) atau klik kanan dan pilih paste.

Selesai sudah tugas kita kali ini untuk menambah Site Info Alexa di blog.
Selamat mencoba....

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer