Powered by Blogger.

Tips Memilih Komputer Sebelum Membeli

Komputer memang sudah sangat dibutuhkan semua orang saat ini, mulai dari anak-anak hingga kakek nenek semuanya membutuhkan komputer namun masih banyak orang tidak memikirkan baik buruknya, kelebihan dan kekurangan apabila membeli komputer tanpa memikirkan manfaat dari komputer itu sendiri. Apalah artinya jika komputer yang kita beli begitu mahal harganya namun tidak bisa kita manfaatkan kelebihan yang dimiliki komputer tersebut sehingga kelebihan-kelebihan yang dimiliki komputer kita akan menjadi mubazir alias tak berguna.
Misalkan saja seorang Ayah ingin membelikan anaknya yang masih Sekolah Dasar sebuah komputer Desktop, tentu Ayah tersebut harus memikirkan manfaat komputer bagi anaknya yang masih SD (sekolah dasar) tersebut. Kadangkala karena kebanyakan uang barangkali :), orang tua membelikan anaknya komputer tanpa memikirkan kebutuhan anaknya sehingga asal beli saja dengan harga yang paling mahal misalnya. Untuk membantu rekan-rekan atau para orang tua yang hendak membelikan komputer sebaiknya memperhatikan hal-hal seperti berikut :
  1. Kebutuhan akan Komputer : ini penting karena kebutuhan setiap orang akan komputer itu berbeda-beda. Sebagai contoh, kebutuhan akan komputer bagi seorang design grafis akan berbeda dengan kebutuhan akan komputer bagi seorang akuntan begitu juga kebutuhan akan komputer oleh seorang anak Sekolah Dasar. Kebutuhan ini harus diperhatikan untuk menentukan spesifikasi hardware komputer yang akan dibeli.
  2. Ketersediaan Biaya : Apabila biayanya mencukupi maka tidak masalah untuk membeli komputer dengan harga yang cukup tinggi, tapi agar tidak terjadinya mubazir hardware komputer yang ada dan menghemat pengeluaran maka sebaiknya belilah komputer dengan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan dengan harga yang sesuai.
  3. Jenis Komputer : Jenis komputer yang saya maksud adalah komputer buildup (komputer yang semuanya keluaran utuh sudah jadi dari pabrik, misalnya IBM dll) atau komputer rakitan (komputer yang di rakit oleh seorang teknisi atau toko penjualan komputer. Komputer BuildUp memang bagus kualitasnya tapi jangan salah dalam memilih, karena apabila membeli komputer buildup nantinya akan mengalami kesulitan di dalam perawatannya apabila terjadi kerusakan, karena banyak komputer yang terjual di pasaran tidak support dengan komputer buildup.
  4. Spesifikasi Hardware Komputer : ini adalah hal yang sangat menentukan, apabila komputer yang akan dibeli untuk seorang anak sekolah dasar, saya sarankan agar membeli komputer dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi misalnya : Processor cukup Pentium 4 atau Dual Core, memori 256 Mb, VGA 128 Mb, Hard Disk 80 GB (klo bisa 40 GB, tapi karena dipasaran hardisk yang kecil sudah jarang ditemukan), untuk spesifikasi lainnya saya kira standar saja. Sedangkan jika kita ingin membeli komputer untuk seorang anak yang berprofesi sebagai desain grafis sebaiknya pilihlah spesifikasi yang lebih tinggi misalnya prosesor di atas dual core misalnya Core 2 Duo atau lebih dengan VGA di atas 256 MB, hard disk sebagai daya tampung grafik atau gambar lebih tinggi yaitu 160 GB ke atas.
Semoga tips memilih komputer sebelum membeli di atas bisa membantu kita semua sebelum mengambil keputusan untuk membeli komputer. Ingat, membeli atau tidak membeli adalah hak kita, jadi telitilah setiap komputer yang akan kita beli.

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer