Powered by Blogger.

Mengenal Kerusakan Komputer

Beberapa hari yang lalu saya sibuk memperbaiki komputer di sekitaran kota denpasar, hampir setiap hari pada sore harinya saya memperbaiki komputer yang rusak.

Dari sekian banyak komputer yang saya perbaiki kesemuanya memiliki tanda-tanda kerusakan yang hampir sama yaitu CPU (Central Processing Unit) hidup tapi Monitor Berkedip-kedip (maksudnya lampu indikator pada monitor berkedip-kedip), ada lagi yang lain katanya komputer saya sebelumnya hidup bagus tetapi setelah listrik mati dan saya hidupkan lagi ternyata CPU hidup tapi monitor tetap mati (pasti monitornya rusak begitu katanya).

Selain itu ada yang meminta panduan untuk memperbaiki komputer dari jarak yang cukup jauh yaitu dari daerah Flores Timur dengan saya yang berada di Denpasar - Bali dengan model kerusakan sama seperti dikeluhkan pelanggan di Denpasar di atas.

Pengalaman saya dalam merawat dan memperbaiki komputer, biasanya di saat musim hujan sering terjadi kerusakan seperti yang sudah di uraikan di atas.

Untuk itu saya sarankan agar sering-seringlah menggunakan komputer di musim hujan agar tidak terjadi penumpukan embun di dalam CPU (CPU terlalu lembab) atau jangan meletakkan komputer pada tempat yang sempit sehingga keadaan dalam ruang CPU menjadi lembab.

Bila kerusakan seperti di atas terjadi pada komputer anda silahkan baca cara untuk memperbaiki komputer yang kerusakan seperti tersebut di atas di sini.

Ada juga bentuk kerusakan lain seperti Monitor berwarna kemerahan (lebih banyak merah) atau juga ke biruan (lebih banyak warna biru), bila ini terjadi dan anda sudah berusaha memperbaiki koneksi dari monitor ke cpu dengan benar (koneksi kabel) maka dipastikan bahwa komponen RGB (Red Green Blue) pada monitor anda mengalami kerusakan.
Apabila anda bisa memperbaiki sendiri monitor anda maka anda bisa melakukan perbaikan dengan mengganti komponen RGB-nya, dan apabila and atidak bisa memperbaiki sendiri monitor anda, sebaiknya panggilkan teknisi yang berppengalaman dalam memperbaiki monitor.

Ingat !!! untuk memeprbaiki monitor beda dengan memperbaiki CPU, yang mana di dlam CPU terdapat tegangan listrik mencapai ribuan volt jadi jangan coba-coba memperbaiki sendiri bila tidak atau belum mengerti cara melepaskan ribuan tegangan itu sebelum diperbaiki.

Ada juga bentuk kerusakan lainnya yaitu setiap pagi menghidupkan komputer selalu tekan tombol F1 baru bisa hidup (begitu katanya), dan menurut analisa jarak jauh saya (kayak Ki Joko Bodoh saja) sepertinya battery BIOS sudah tidak berfungsi untuk meniympan BIOS program khususnya tanggal dan jam yang berada di dalam BIOS, sehingga kita diperingati untuk memperbaiki tanggal dan jam pada BIOS sebelum meneruskan untuk mengaktifkan sistem operasi.

Bila ingin memperbaiki kerusakan tersebut, coba ganti battery BIOS dengan yang baru kemudian setting jam dan tanggal yang benar. Setelah itu matikan komputer anda dan cabut kabel power listrik dari stop kontak ke komputer dan biarkan komputer anda mati beberpaa saat (kira-kira 10 detik), ini dilakukan untuk memberikan kesempatan arus yang tersimpan dalam komponen elektrolit bis aterbuang. Kemudian pasang kabel power ke stop kontak dan hidupkan kembali komputer anda.

Bila tidak muncul pesan untuk menekan F1 berarti bahwa komputer anda sudah berhasil di perbaiki dengan mengganti battery BIOS.
Dan apabila setelah di ganti battery BIOS juga komputer anda tetap meminta anda untuk menekan tombol F1 untuk melanjutkan maka segera hubungi dokter terdekat (teknisi komputer maksudnya) karena kemungkinan main board anda mengalami kerusakan.

Sekian dan semoga bisa membantu...

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer