Membuat Folder pada Windows Explorer

Untuk mempermudah dalam proses pengolahan file-file sebaiknya kita membuat folder. Apa itu folder ? folder adalah semacam suatu tempat yang sengaja dibuat untuk menyimpan file-file.
Baimana cara membuat folder ? ada beberapa cara membuat folder namun kali ini saya mencoba uraikan cara membuat folder dari windows explorer.
Ikuti langkah berikut untuk membuat folder pada windows explorer.

Langkah pertama, klik kanan pada Start Menu kemudian klik Explorer, lihat gambar berikut


sehingga muncul jendela explorer seperti terlihat dalam gambar di bawah ini, perhatikan di situ saya memisahkan dua buah jendela dengan nama Window 1 dan window 2 dan dipisahkan dengan garis berwarna merah.
Untuk membuat sebuah folder baru pada drive D, klik terlebih dahulu pada drive D seperti yang sudah saya tunjukan dengan lingkaran warna merah.



Langkah kedua, klik kanan pada area kosong dalam Window 2, sehingga muncul shortcut menu dan tentukan pilihan New dengan cara klik pada New, kemudian pilih Folder (lihat gambar).

Langkah ketiga, folder baru sudah muncul pada area window 2 dan nama defaultnya adlah New Folder, selanjutnya adalah mengubah nama folder baru (New Folder) tersebut sesuai dengan kehendak anda, namun saran saya agar nama folder disesuaikan dengan isi folder itu sendiri nantinya. Misalkan anda ingin membuat laporan, maka sebaiknya folder diberi nama LAPORAN. Tapi kali ini sebagai contoh kita gunakan folder dengan nama TABE, jadi ketik TABEL kemudian Enter.


Langkah untuk membuat folder sudah selesai, folder yang sudah dibuat sudah siap untuk menampung file-file yang akan dibuat.

Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer