Belajar Delphi

Pengenalan Delphi


Apa itu Delphi ? Delphi adalah salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk menyusun program aplikasi yang berjalan di atas system operasi windows. Belajar Delphi adalah belajar bagaimana cara membuat sebuah program aplikasi.
Dengan Delphi kita dimanjakan dengan komponen-komponen yang sudah tersedia sehingga kita tidak perlu repot untuk membuat komponen-komponen yang akan dibutuhkan dalam pembuatan sebuah program aplikasi.

Kita tidak perlu lagi membuat window, kotak dialog, maupun perangkat control lainnya dengan kode yang rumit karena semuanya sudah tersedia dalam Delphi untuk menghemat waktu atau mempercepat proses pembuatan program aplikasi.

Selain kemudahan dan kelebihan di atas Delphi juga memiliki kecepatan dalam proses kompilasi program, exe (execution) file yang dapat berjalan di luar software pembangunnya serta file dll (dynamic link library) juga bisa berdiri sendiri tanpa harus melalui program utamanya.

Lembar Kerja Delphi


Lembar kerja Delphi terdiri dari :
Baris Judul yaitu baris paling atas yang menyatakan nama dari projek yang sedang dikerjakan dalam hal ini nama sebuah program.
Di Bawah baris judul ada Baris Menu, terdapat menu-menu yang dapat digunakan dalam penyusunan sebuah program aplikasi.

Di Bawah Baris Menu terdapat Toolbar dan Component Pallete, tersedia komponen-komponen yang dapat digunakan secara cepat dalam pembuatan program aplikasi.
Kemudian yang berada di tengah-tengah adalah sebuah disebut window yang disebut Form dengan nama Form1. Form inilah tempat dimana kita akan menempatkan komponen-komponen yang tersedia pada component pallete misalnya sebuah button atau sebuah label.

Disebelah kiri jendela Delphi adalah Object Tree View dan Object Inspector yang menyatakan properties dari objek-objek yang digunakan dalam Form.
Selain Form ada sebuah jendela yang hampir sama dengan Form, namun jendela ini hanya menyimpan kode-kode berdasarkan komponen-komponen yang terpasang pada Form yang disebut Unit.

Pada keadaan Standard saat pertama kali di jalankan, kode dari program Delphi yang ada dalam Unit adalah sebagai berikut :

unit Unit1;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs;
type
TForm1 = class(TForm)
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}
end.

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer