Belajar Microsoft Office Word bagian 2

Menghapus Huruf, Kata dan Kalimat


Menghapus adalah salah satu perintah yang dapat dilakukan pada saat editing menggunakan Microsoft word, dan akan selalu digunakan dalam editing Microsoft word.
Perintah menghapus memang sangat mudah akan tetapi apabila tidak dipelajari dengan benar maka akan mengalamai kesulitan dalam editing teks/naskah karena biar bagaimanapun perintah menghapus juga sangat menentukan kecepatan suatu proses editing teks.

Menghapus huruf (character)
Menghapus huruf yang saya maksud di sini adalah perintah menghapus huruf demi huruf dalam editing naskah.

Belajar Ilmu Komputere adalah tempat belajar yang baik karena selalu menyajikan setiap artikel dengan bahasa yang sederhana dan mudah di mengerti baik oleh seorang yang masih sangat awam sekalipun bisa melakukannya dengan bantuan dengan membaca artikelnya.
Dari naskah di atas perhatikan kata Belajar Ilmu Komputere, di situ terdapat kelebihan huruf “e” yang diketik pada kata Komputere, yang seharusnya huruf “e” yang paling akhir adalah tidak ada sehingga menjadi kata Komputer.
Untuk itu kita harus melakukan penghapusan per huruf, beberapa perintah per huruf antara lain menggunakan tuts pada keyboard yaitu DEL dan BackSpace.

DEL (Delete)
Tuts DEL di dalam aplikasi Microsoft office word digunakan untuk menghapus huruf yang berada disebelah kanan kursor termasuk spasi, Maksudnya adalah apabila tuts DEL di tekan satu kali maka huruf atau spasi yang berada di sebelah kanan kursor akan terhapus.
Contohnya kita hapus huruf “e” yang terdapat dalam kata Komputere di atas.
Tempatkan terlebih dahulu kursor tepat pada huruf “e” (dalam pengelihatan seakan-akan kursor berada di antara huruf “r” dan huruf “e”) yang terakhir dalam kata Komputere, kemudian tekan tuts atau tombol DEL satu kali dan perhatikan yang terjadi adalah huruf “e” yang terakhir dalam kata Komputere akan terhapus sehingga akan menjadi kata Komputer.

BackSpace
BackSpace juga merupakan tuts atau tombol yang dalam Microsoft Office Word digunakan untuk menghapus per huruf. Berbeda dengan tombol DEL yang menghapus huruf di sebelah kanan kursor maka tombol BackSpace menghapus huruf yang berada di sebelah kiri kursor.
Sebagai contohnya coba ketikan kembali huruf “e” yang terakhir dalam kata Komputere yang telah dihapus tadi kemudian hapus kembali menggunakan tombol BackSpace, Karena BackSpace menghapus huruf yang berada di sebelah kiri kursor maka letakan terlebih dahulu kursor di sebelah kanan huruf yang akan dihapus, dalam hal ini di sebelah kanan huruf “e” yang terakhir dalam kata Komputer, kemudian tekan tombol/tus BackSpace satu kali saja maka huruf “e” akan terhapus.

Selain menghapus per huruf tombol DEL dan BackSpace juga bisa digunakan untuk menghapus per kata, namun bedanya adalah apabila menghapus per kata, maka tombol DEL maupun BackSpace harus dikombinasikan dengan tombol lain yaitu tombol CTRL (Control).
Penggunaannya sama dengan menghapus per huruf tadi, jadi apabila ingin menghapus satu kata di sebelah kanan kursor maka tempatkan dulu kursor berada disebelah kiri kata yang akan di hapus kemudian tekan tombol CTRL (tekan dan tahan dan jangan dilepas) kemudian tekan tombol DEL dan lepas kedua tombol (CTRL dan DEL), Perhatikan yang terjadi, kata yang berada di sebelah kanan kursor akan terhapus.
Begitu juga dengan menghapus satu kata di sebelah kiri kursor yaitu dengan menggunakan kombinasi tombol CTRL dan BackSpace.

Sedangkan untuk menghapus per kalimat maka kita harus terlebih dahulu menentukan kalimat yang akan dihapus dengan menandai daerah tersebut (blok). Nah untuk menandai suatu daerah bisa dilakukan dengan cara menekan kombinasi tombol SHIFT dengan tombol Panah atau bisa juga menggunakan mouse yaitu klik tahan dan geser (klik and drag).
Setelah menentukan daerah atau kalimat yang akan dihapus, barulah saatnya untuk menekan tombol DEL atau BackSpace untuk menghapus kalimat yang sudah ditentukan/diblok tadi.

Selamat belajar...

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer