Powered by Blogger.

Masalah Installasi Driver Sistem Operasi Windows

Didalam melakukan installasi software komputer pertama kali setelah menginstal sistem operasi, kita harus menginstall semua driver yang dibutuhkan seperti, driver untuk Papan Utama (Mainboard), Kartu Grafis (Video Graphic Adapter), Kartu Suara (Sound Card), Kartu Jaringan (LAN Card) dan lain-lain.
Semua driver ini biasanya selalu disertakan dalam pembelian komputer berupa Compact Disk (CD), bila anda membeli komputer, selalu memeintakan cd driver untuk main board, vga dan lain-lain untuk berjaga-jaga apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Melihat keberhasilan installasi driver

Untuk mengetahui apakah semua proses installasi driver yang anda lakukan tadi sudah benar-benar berhasil semua atau ada yang belum atau bahkan ada yang gagal atau bisa juga ada yang tidak sesuai antara software dan hardwarenya ikuti langkah berikut.

Klik menu Start-Control Panel, kemudian klik Performance and Maintenance dan klik System sehingga muncul jendela System Properties.
Dari System Properties klik tab Hardware kemudian klik Device Manager, dan perhatikan semua komponen tersebut apakah masih ada tanda tanya dan tanda seru atau sudah tidak ada tanda tanya dan tanda seru.
Bila sudah tidak ada tanda tanya dan tanda seru berarti usaha anda untuk melakukan installasi driver tadi sudah berhasil, dan jika tanda tanya dan tanda seru masih ada berarti installasi driver yang anda lakukan tadi belum berhasil semuanya.
Bagiamana Cara mengatasinya
Untuk memperbaiki kesalahan atau kekurangan dalam installasi driver ini bisa dilakukan dari device manager window ini atau bisa juga anda tutup device manajer dan jalankan installasi drivernya ulang dari CD driver.
Untuk menjalankan dari Device Manajer, klik kanan pada komponen yang belum terinstall drivernya (yang bertanda tanya dan tanda seru) dan pilih Update Driver sehingga muncul jendela Hardware Update Wizard.
Pilih "Yes, this time only" kemudian klik Next, selanjutnya pilih "Install the software automatically (Recommended)" dan klik Next dan biarkan komputer melakukan pencarian driver yang sesuai dengan hardware yang terpasang hingga menginstallnya sampai selesai.
Setelah selesai klik Finish.
Sekarang ulangi proses di atas untuk tanda tanya dan tanda seru yang lain apabila masih ada driver yang belum terinstal di komputer anda.

Installasi driver sudah selesai. Selamat mencoba 

1 comment:

Hendri said...

Kemungkinan bisa juga, biasanya untuk windows 98 harus diinstall drivernya tapi kalau windows XP biasanya sudah tidak perlu install lagi namun tergantung jenis dan tipe flash disk juga.

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer