Mengenal Unit Komputer

Apa saja ya yang disebut komputer itu ?

Bagi para pemula yang baru mengenal komputer harus mengenal dulu komponen apa yang tergabung menjadi satu dan disebut Komputer. Komputer dalam sebutan sehari-hari sebenarnya adalah terdiri dari beberapa bagian atau item yang menjadi suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan antara komponen yang satu dengan yang lainnya dan disebut unit komputer.

Kenapa kotak/case tersebut disebut CPU ? jawabannya karena di dalam kotak/case tersebut terdapat sebuah Integrated Circuit (IC) atau biasa disebut prosesor yang terpasang pada mainboard dan berfungsi sangat penting yaitu menerima data, mengolah dan mengeluarkan data berupa informasi yang bermanfaat bagi pengguna komputer.

Masih banyak pengguna komputer saat ini tidak mengenal betul apa saja yang merupakan bagian dari unit komputer tersebut. Ada yang menyebut Centar Processing Unit (CPU) sebagai komputer ada juga yang menyebut monitor sebagai komputer, namun yang sebenarnya komputer itu terdiri dari beberapa bagian yang saling berhubungan/terkoneksi antara satu dan lainnya sehingga menjadi suatu kesatuan Unit Komputer yaitu :

  • Central Processing Unit (CPU)
    • CPU ini banyak yang menyebutnya Kotak Komputer, memang berbentuk kotak persegi yang di dalamnya terdiri dari komponen-komponen elektronik yang dirangkai untuk pemrosesan data. Sebenarnya di dalam CPU ini terdiri dari Mainboard, Processor, Memory, Harddisk dan Video Graphic Adapter (VGA) serta Input Output Port (I/O).
  • Keyboard
    • Keyboard adalah bagian dari unit komputer yang mempunyai fungsi untuk memasukan data berupa teks angka atau symbol tertentu ke dalam Central Processing Unit.
    • Ada beberapa jenis keyboard menurut koneksinya yaitu menggunakan kabel (Serial, PS2, USB) dan sambungan tanpa kabel (wireless).
    • Keyboard terdiri dari 3 bagian utama yaitu alphabetic key, fungtion key dan numeric key. Alphabetic key yaitu terdiri dari huruf-huruf dengan format QWERTY. Fungtion key yaitu tombol yang ditandai dengan urutan dari F1 sampai F12, dan Numeric key biasanya berada di sebelah kanan dari keyboard yang terdiri dari angka-angka dan tanda panah.
  • Mouse
    • Mouse adalah merupakan bagian dari unit computer yang mempunyai fungsi membantu keyboard dalam menentukan atau memilih komponen yang akan digunakan dalam program tertentu.
    • Sama halnya dengan keyboard, mouse juga dilihat dari jenis koneksinya dapat berupa kabel (serial, PS2, USB) dan tanpa kabel (wireless)
  • Video Display Unit (VDU)
    • Video Display unit bisa terdiri dari Monitor maupun Layar LCD, yang mempunyai fungsi untuk menampilkan informasi yang dihasilkan dari pemrosesan dalam CPU.
    • Dilihat dari komponen di atas yang membentuk sebuah unit komputer maka disimpulkan bahwa sebenarnya komputer itu terdiri dari keempat komponen di atas yaitu CPU, Keyboard, Mouse dan Monitor. Jadi kalau kita menyebut komputer berarti cpu, keyboard, mouse dan monitor sudah termasuk di dalamnya.
Jadi kesimpulannya bahwa bila kita menyebut kata Komputer berarti semua komponen seperti CPU, Keyboard, Mouse dan Monitor sudah termasuk di dalam kata komputer tersebut karena tanpa salah satu dari komponen tersebut komputer tidak akan berarti apa-apa (kecuali mouse).

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer