Mengetahui Jenis Komputer

Setiap kali telpon genggam saya berdering, setelah saya menjawab suara yang menyapa dari seberang telepon biasanya pertama yang saya tanyakan adalah “Apa jenis komputer Bapak/Ibu ?”. Begitulah pertanyaan saya yang pertama setiap kali telpon meminta saya untuk memperbaiki komputer di rumah mereka. Dan alangkah kagetnya saya karena mendengar jawaban yang sangat tidak masuk akal (menurut saya) karena jawabannya adalah “Tidak Tau Pak !”. Dalam hati saya berpikir kenapa orang ini bisa beli komputer tapi tidak tau jenis komputer yang dibelinya, Bahkan saya menanyakan lagi system operasi yang digunakan juga mendapatkan jawaban yang sama yaitu “Tidak tau Pak !”.

Memang masalah seperti ini dianggap sepele tapi karena ketidaktahuan itu membuat orang-orang yang tidak bertanggung jawab semakin mudah mengakali sang pemilik komputer, misalnya mengganti memori yang lebih kecil dari yang sebenarnya atau komponen lainnya.

Masalah seperti ini sering terjadi dan sering kita tidak sadar bahwa kita sudah tertipu apalagi dengan pengetahuan tentang computer yang minim, sebagai seorang teknisi komputer yang professional tidak mungkin melakukan hal-hal yang memalukan seperti itu, karena apabila seorang teknisi melakukan hal seperti itu tentu dia menutup jalan pekerjaannya sendiri karena orang tidak akan pernah memanggilnya kembali untuk memperbaiki komputer ataupun merekomendasikan kepada orang lain.

Karena masih banyaknya pengguna atau pemilik komputer yang masih minim pengetahuan tentang computer itulah maka sengaja saya posting artikel ini untuk membantu sahabat-sahabat kita yang belum mengenal betul komputernya sendiri. Pepatah mengatakan Tak Kenal Maka Tak Sayang, tidak mengenal komputer maka tak mungkin merawatnya dengan baik.

Ada banyak cara untuk mengetahui jenis komputer serta besarnya memori yang ada pada komputer milik kita namun berikut ini adalah cara yang cukup sederhana untuk mengetahui jenis computer dan besarnya memori yang dimiliki oleh komputer yang menggunakan system operasi windows XP.

Pada Desktop Windows XP terdapat icon My Computer, klik kanan pada icon My Computer dan pilih Propertis sehingga muncul jendela My Computer seperti berikut :





Pada tab General terlihat jelas informasi tentang system operasi yang digunakan, serta jenis Processor dan besarnya memori yang terpasang pada komputer tersebut.
Pada gambar di atas menyatakana bahwa system operasi yang digunakan adalah system operasi Windows XP Profesional, Versi 2002 Service Pack 2 sedangkan jenis komputer atau prosesornya adalah Intel® Pentium® Dual CPU T2390 @ 1,86 GHz 782 MHz, dan besarnya memori adalah 504 MB.

Bila ingin mengetahui jenis komputer anda yang lebih detail bisa dilihat dengan cara klik Start-All Programs-Accessories-System Tools-System Information.
Di sana bahkan ditampilkan informasi cukup lengkap termasuk system manufacture, BIOS version, SMBIOS version dan masih banyak lagi yang dapat diperoleh di System Information.

Sekian dan semoga bisa membantu…

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer