Setting Awal Access Point WAP54G LinkSys

Sebelum dapat menggunakan Access Point WAP54G LinkSys tentunya harus me-setting awal Access Point WAP54G LinkSys agar bisa dapat digunakan.

Bila Access Point WAP54G LinkSys anda benar-benar baru dan belum pernah digunakan maka langsung saja menghubungkan Access Point WAP54G LinkSys dengan Laptop atau PC Desktop anda menggunakan kabel UTP serta hubungkan adaptor Access Point WAP54G LinkSys pada stop kontak listrik dengan Access Point WAP54G LinkSys.
Perhatikan bahwa IP dari Laptop atau PC desktop harus denganh format seperti berikut : 192.168.1.* tanda bintang mewakili angka 1 sampai dengan 255 dan bukan 245 karena 245 adalah milik Access Point WAP54G LinkSys pada keadaan default.

Apabila Access Point WAP54G LinkSys tidak yakin apakah Access Point WAP54G LinkSys ini sudah pernah digunakan atau belum silahkan me-resset dulu Access Point WAP54G LinkSys untuk meyakinkan Access Point WAP54G LinkSys kembali kepada keadaan default.

Cara mereset Access Point WAP54G LinkSys, tekan tombol pada bagian belakang dengan klip atau apa saja yang bisa mencapai tombol kecil tersebut dan tahan hingga kira-kira 10 detik.

Setelah yakin bahwa Access Point WAP54G LinkSys kembali kepada setingan default maka ikuti langkah berikut.

Buka web administrator Access Point WAP54G LinkSys pada browser terus ketikkan alamat 192.168.1.245 di address bar sehingga muncul kotak dialog user namae dan password, biarkan username kosong dan ketik "admin" pada password sehingga akan muncul halaman setting berbasis Access Point WAP54G LinkSys.

Jika Access Point WAP54G LinkSys ini akan dihubungkan pada jaringan anda yang mempunyai segmen yang berbeda (misalnya selain 192.168.2.*) ubah IP statisnya ke segmen yang sesuai, atau bisa juga pilih DHCP kalau anda tidak ingin memberikan IP Statis. Hanya saja bila menggunakan DHCP maka anda akan kesulitan untuk menemukan IP Access Point WAP54G LinkSys ini nantinya.

Pada web based control panel dari akses poin ini anda bisa mengatur berbagai settingan yang disediakan oleh WAP54G, misalnya Mode Authentication maupun mengganti password default.

Setelah selesai menentukan IP dari Access Point WAP54G LinkSys ini cabut kabel yang terhubung antara Access Point WAP54G LinkSys dengan Laptop atau PC desktop, kemudian pasang pada jaringan anda.

Setting selanjutnya bisa anda akses dengan menggunakan IP yang baru diubah tersebut melalui web browser.

Selamat mencoba...

2 comments:

SolusiSegar said...

Numpang nanya nih, sy pake WAP54G lalu di rmh dipasang koneksi CBN DirectNet Wireless. Addressnya 192.168.100.3, Subnet Mask 255.255.255.248 dan Default Gateway 192.168.100.1
Gmn setting nya di Access Point, soalnya udah diulang berkali msh gak bisa.
Salam,

Hendry

Hendri said...

Mohon maaf krn saya baru bis aonline, saya sendiri belum pernah mencobanya tapi saya akan cari tahu dulu sebelum saya menjawabnya...

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Powered by Blogger.

Pengikut Belajar Ilmu Komputer