Powered by Blogger.

Bagaimana Cara Mengubah Booting Komputer Dari CD-ROM

Dulu installasi software pada komputer dilakukan dengan menggunakan disket, namun saat ini sudah jauh berbeda yaitu menggunakan compact disk (cd). Dalam cd bisa tersimpan banyak macam program dan driver.

Karena saat inisemua program sudah tersimpan di dalam cd maka proses booting pun harus melalui cd, namun masalahnya adalah settingan BIOS (basic input/output system) pada keadaan defaultnya tidak mengarahkan booting ke cd rom sehingga masih banyak yang belum tau bagaimana mengubah aturan booting dalam BIOS agar CD-lah yang menjadi prioritas pertama pada saat melakukan booting.

Untuk masuk ke menu BIOS caranya berbeda-beda ada yang menggunakan tombol DEL ada yang menggunakan tombol fungsi F2 dan ada juga yang menggunakan variasi 2 tombol pada keyboard, namun semuanya bisa dilihat pada saat bios dibaca pertama kali dan terlihat pada monitor.

Apabila proses booting terlalu cepat sehingga anda tidak sempat membaca atau bahkan menekan tombol untuk masuk ke bios maka sebaiknya anda menekan tombol Pause/Break pada keyboard untuk menghentikan sementara proses booting, hal ini dilakukan agar kita sempat membaca perintah yang dapat dilakukan untuk bisa dpat masuk ke dalam menu BIOS.

Pada artikel ini kita menggunakan tombol DEL yang lebih sering ditemui saat ini.
Langkah awal untuk masuk ke dalam menu BIOS adalah nyalahkan komputer, dengan menekan power komputer, perhatikan lampu pada keyboard berkedip maka tekan tombol DEL berkali-kali dengan maksud agar anda tidak terlambat menekan tombol DEL.

Setelah masuk pada menu BIOS perhatikan menu pilihan Advanced BIOS Features, disana terdapat pilihan First Boot Device. Geser kursor dan tempatkan pada First Boot Device kemudian lakukan pemilihan media booting dengan menggunakan tanda tambah (+) atau tanda kurang (-). Karena pada prkatek kita kali ini untuk booting menggunakan cd maka pilihlah CD-ROM sebagai media booting awal.

Langkah berikutnya adalah klik Esc pada keyboard untuk keluar dari menu Advaced BIOS Feature dan kembali ke manu utama BIOS. Dari menu utama BIOS pilihlah Save & Exit Setup kemudian pilih Y (yes) dan tekan Enter untuk keluar dari menu BIOS sekaligus melakukan Booting.

Sekarang komputer anda akan selalu membaca cd-rom sebagai proses booting pada komputer anda yang telah anda lakukan perubahan, apabila anda menghendaki untuk mengembalikan booting dari cd-rom ke hard disk, maka langkah masuk ke BIOS setupnya adalah sama dan gantilah First Boot Device dengan Hard Disk.

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer