Tinta Printer Deskjet Cepat Habis

Mungkin anda pernah dan bahkan sering mengalamai seperti tinta sering disuntik kemudian semakin lama semakin pendek umur pemakaian tinta namun anda tidak tahu apa penyebabnya.
Semakin lama kejadian ini semakin membuat umur tinta di dalam cartrige semakin pendek sehingga membuat kita semakin sering menyuntik tinta ke dalam cartrige. Ini disebabkan oleh beberapa hal di antaranya adalah :
  • Terlalu seringnya melakukan penyuntikan tinta ke dalam cartrige
  • Kelembaban pada head cartrige tidak terjada
  • Mengalami kebocoran pada cartrige sehingga membuat tinta yang ada dalam cartrige semakin cepat kering
Untuk menghindari agar cartrige lebih awet dan lebih tahan lama disini saya mencoba memberikan sedikit tipsnya sebagai berikut :

  • Jangan terlalu sering melakukan penyuntikan tinta ke dalam cartrige, usahakan tidak lebih dari 3 kali suntikan

  • Jagalah selalu kelembaban pada head cartrige, maksudnya adalah apabila melepaskan cartrige dari printer, tutuplah bagian kepala/head cartrige dengan kapas atau penutup yang diperoleh waktu membelinya agar kelembaban pada head tetap terjaga sehingga tidak mengalami kekeringan yang pada akhirnya menjadi penyumbat saluran tinta pada saat pencetakan
  • Dalam proses penyuntikan tinta ke dalam cartrige tentu harus membuka segel penutup lobang suntik, setelah itu harus menutup kembali lobang suntik dengan rapat sehingga tidak terjadi pengeringan di dalam cartrige. Apabila terjadi pengeringan maka ruang yang ada di dalam cartrige sebagai tempat penampung tinta akan menjadi lebih kecil, mungkin anda pernah mengalami waktu melakukan penyuntikan, hanya beberapa mili tinta saja sudah penuh cartrigenya, itu karena sebagian isi dari cartrige adalah tinta kering.
  • Apabila perlu lakukan pemanasan manual pada head cartrige dengan air panas, caranya tuangkan air mendidi dalam sebuah wadah datar, kemudian arahkan bagian head cartrige ke dalam air panas dan usahakan permukaan air tidak menyentuh bagian sircuit yang berwarna kuning.
Tips ini saya peroleh dari pengalaman saya sendiri selama menggunakan printer deskjet, bagi para pengunjung setia blog belajar ilmu komputer yang ingin menambahkan tipsnya silahkan posting melalui kolom komentar. Selamat mencoba...

3 comments:

GoMe Computer said...

saya sarankan Printer nya di modif /pasangi infus aja agar kelembaban terus terjaga, jangan lupa menggunakan GoMe Ink tidak membuat catridge buntu, pengalaman saya memodif belum ada yang catridge nya buntu

Hendri said...

Saran yang bagus tu... perlu dipertimbangkan

Unknown said...

Sy punya print, ,masih baru .
baru pertma kali isi tinta print , tdk Lama habis lagi . Knapa ya.. ??

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer