Powered by Blogger.

Unwritable Configuration PHP

Sesuai dengan judul artikel kali ini yaitu unwritable configuration.php, adalah masalah yang kadang dijumpai dalam mengelola website yang dibuat dengan joomla. Kebetulan hari ini saya mengalaminya sendiri yaitu saya tidak bisa melakukan perbaikan ataupun perubahan pada global setting joomla.

karena menemukan masalah akhirnya sayapun mulai berselancar dengan google yang terkenal dengan kecepatannya dalam menemukan sesuatu informasi dan akhirnya hasil dari berselancar saya membuahkan hasilnya sehingga saya bisa mengubah status configuration.php yang tadinya unwritable bisa saya ubah menjadi writable.

Untuk mengetahui bagaimana cara mengubah configuration.php joomla menjadi writable ikuti tips mengubah permission pada cpanel berikut ini.



Yang pertama login ke cpanel dengan akun anda kemudian masuk ke public_html dan temukan file yang bernama configuration.php lihat gambar berikut :


Setelah menemukan file tersebut, kllik pada nama file configuration.php kemudian perhatikan pada jendela yang berada di sebelah kanan ada pilihan Show file, Delete File, Edit File, Change Permissions, Rename File, Copy File, Move File. Karena kita hendak mengubah permissionnya maka klik pada Change Permissions.

sehingga muncul configuration.php default seperti terlihat pada gambar berikut ini


Selanjutnya ubahlah default setting menjadi seperti gambar berikut dengan cara klik pada kotak kosong agar memberi tanda contreng sehingga hasil akhirnya menjadi seperti berikut :



Setelah memberikan tanda centang atau contreng pada kotak kosong tersebut, langkah terakhir adalah melakukan penyimpanan file configuration.php dengan cara klik pada Change.

LogOut dari cpanel kemudian coba kembali edit global setting dan lakukan penyimpanan. Global setting sudah bisa diedit dan diperbaharui.

No comments:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer