Powered by Blogger.

Tips Membeli Laptop Second

Laptop saat ini bukan lagi barang mewah yang hanya dimiliki oleh orang yang memiliki banyak uang atau lebih dikenal dengan orang kaya. Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan akan teknologi itu sendiri sehingga kebutuhan akan laptop menjadi tidak terbatas dan tidak mengenal kaya dan miskin seperti halnya handphone. Harga yang tersedia di pasaranpun berfariasi dan memungkinkan semua orang bisa membelinya, baik itu laptop baru maupun laptop second atau bekas.
Untuk laptop baru tentu saya kira tidak terlalu sulit untuk memilihnya namun bagaimana apabila kita ingin membeli laptop bekas.

Jangan karena harga murah langsung dibeli akan tetapi sebaiknya baca terlebih dahulu tips berikut ini sebelum mengambil keputusan untuk membelinya.

  1. Hardware
    • Hardware yang dimaksud disini adalah fisik dari laptop itu sendiri, mulai dari LCD, Untuk membuktikan bahwa LCD tidak terdapat kebocoran maka sebaiknya ganti warna background dengan warna gelap (hitam) jika terlihat titik-titik putih terang maka kemungkinan LCD tersebut sudah bocor.
    • Case atau badan secara keseluruhan dari laptop itu sendiri, perhatikan baut-baut pengancing case laptop agar terpasang dengan benar, jika ada baut yang longgar kemungkinan laptop tersebut sering dibongkar.
    • Kayboard dan TouchPad, apabila kedua komponen ini terlihat masih dalam kondisi yang baik maka kemungkinan pemilik laptop sebelumnya merawat laptop dengan baik.
    • Battery, ini juga sangat penting apabila pemakai laptop sebelumnya menggunakan battery dengan baik, maka kemungkinan fungsi battery masih tetap menyimpan arus listrik, uji kelayakan battery dengan mencoba menggunakan battery pada laptop tanpa terhubung ke stopkontak listrik.
    • Kelengkapan laptop seperti Compact Disk (CD) Driver bawaan laptop itu sendiri. CD driver harus ada karena setiap laptop harus memiliki driver sendiri. CD driver ini sangat dibutuhkan apabila dikemudian hari terjadi kerusakan pada sistem operasi.
  2. Software
    • Software atau perangkat lunak yang ada di dalam laptop pun sangat berarti karena apabila program-program yang ada di dalam laptop tidak berfungsi dengan baik maka tidak akan berarti apa-apa sebuah laptop. Perhatikan software apa saja yang ada di dalamnya apakah sudah sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Perhatikan juga software driver apakah sudah terinstall dengan benar.
Demikian sedikit tips dari Belajar Ilmu Komputer semoga bisa bermanfaat.

2 comments:

Indonesia said...

Kurang gambar nya Om

Cahya Zafira Blog said...

tank's ya om ini sangat bermanfaat untuk saya yang baru belajar tentang komputer...

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer