Powered by Blogger.

Tips Menampilkan Tab Screen Saver Hilang

Sementara mengutak atik blog tiba-tiba muncul pesan singkat di hanphone saya yang datangnya dari salah satu sobat kita pengunjung setia blog Belajar Ilmu Komputer yang hendak menanyakan suatu masalah yang terjadi pada laptopnya.

Masalah yang disampaikan menurut dia bahwa screen saver pada laptopnya hilang alias tidak muncul pada display propertis.

Masalah seperti ini saya sendiri belum tahu persis apa penyebabnya akan tetapi sebenarnya masalah screen saver ini bisa hilang mungkin dikarenakan secara tidak sengaja didisable oleh seseorang mungkin juga rekan anda sendiri yang memang iseng mengerjain anda. Apabila screen savernya hilang karena sengaja ataupun tidak disengaja oleh seseorang maka urusan untuk mengembalikannya pun mudah saja.
Yang dimaksud dengan screen saver di sini adalah Tab Screen Saver yang terlihat pada jendela Display Propertis bukan screen saver view atau tampilan screen saver.

Tab Screen Saver memang bisa ditampilkan atau bisa juga disembunyikan, hal ini sangat membantu kita dalam menjaga komputer agar tidak seenak orang untuk mengubah setting komputer apalagi komputer pribadi. Bagaimana kalau screen saver diubah oleh orang lain dengan menggunakan objek, image atau gambar-gambar tidak senono atau gambar yang tidak layak. Memang sih mengubah kembali tampilan screen saver tidak sulit akan tetapi seandainya ini dilakukan di tempat kerja oleh rekan-rekan yang iseng dan pada akhirnya ketahuan si bos maka bisa jadi perkara besar, bisa-bisa langsung di non aktifkan.

Agar tidak sampai ke meja hijau mending Tab Screen Saver disembunyikan saja. Untuk menyembunyikan atau menampilkan kembali Tab Screen Saver silahkan ikuti caranya berikut :


  1. Klik Menu Start dan pilih Run
  2. Ketik gpedit.msc dan tekan ENTER/OK untuk masuk ke jendela Group Policy
  3. Klik Tanda + (plus) di sebelah kiri User Configuration
  4. Klik Tanda + disebelah kiri Administrative Templates
  5. Klik Tanda + disebelah kiri Control Panel
  6. Klik Dipsplay
  7. Pada jendela sebelah kanan double klik pada Hide Screen Saver Tab untuk masuk pada Hide Screen Saver Tab Properties
  8. Pilih Enabled untuk menampilkan Tab Screen Saver
  9. Pilih Disabled untuk menyembunyikan Tab Screen Saver (pilih sala satu no. 8 atau no 9)
  10. Klik OK
  11. Tutup jendela Hide Screev Saver Tab Properties 
  12. Tutup jendela Group Policy
  13. Selesai

Mudah bukan cara menampilkan tab screen saver yang hilang atau menyembunyikan tab screen saver. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

2 comments:

forumsglobe said...

ya its really good and great tips .....

thanks

Ayu tri said...

nice tips mas.. betul2 supaya ga ada yang iseng gonta ganti screen saver kita..

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer