Visitor Google Analytics Turun Nol

Beberapa hari terakhir ini blog Belajar Ilmu Komputer mengalami trafik pengunjung yang tercatat pada google analytics turun drastis.

Dari grafik yang ditampilkan di bawah ini terlihat bahwa sebelumnya pengunjung yang datang ke blog belajar ilmu komputer rata-rata perharinya mencapai 250 hingga 300-san pengunjung namun pada tanggal  4 nopember pengunjung blog yang tercatat pada google analytics menurun menjadi 74 pengunjung, satu hari kemudian yaitu tanggal 5 nopember jumlah pengunjung yang tercatat di google analytics kembali turun menjadi  3 orang pengunjung saja.

Yang lebih parah lagi mulai tanggal 6 nopember hingga tanggal 20 nopember tercatat tidak ada pengunjung yang berkunjung ke blog belajar ilmu komputer.


 Berdasarkan informasi dari grafik yang ditampilkan di atas tentu ada masalah karena selama ini daftar pengunjung yang tercatat di google analytics baik-baik saja kenapa sampai tiba-tiba turun menjadi nol. Sayapun memulai petualangan untuk mencari tahu ada apa gerangan sehingga pengunjung yang datang ke blog belajar ilmu komputer tidak tercatat atau terecord di google analytics.

Setelah menulusuri kemana-mana akhirnya kembali juga ke kerajaannya si embah google yang memberitahukan kalau jika mengalami kejadian trafik pengunjung nol maka silahkan masukan tracker code ke dalam blog.

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan bila anda mengalami hal yang sama dengan yang belajar ilmu komputer alami saat ini.

  • Langkah pertama adalah login ke google analytics dengan akun anda.
  • Klik Edit disebelah kanan nama blog yang mengalami masalah tidak tercatatnya jumlah pengunjung di blog. (lihat gambar di bawah)
 
 
  •  Pada jendela Profile Settings klik Check Status yang berada di sebelah kanan main profile information untuk masuk ke jendela Tracking Code.
 
  • Pada jendela tracking code, copy kode yang berada di sebelah bawah dan pastekan pada notepad.
 
Langkah selanjutnya adalah menempatkan tracking code ke dalam blog.
  1. Login ke blogger dengan id anda.
  2. Klik Layout/Tataletak
  3. Klik Edit HTML
  4. Cari kode </body>
  5. Pastekan tracking kode sebelum kode </body>
  6. Selesai.
Untuk melihat hasilnya apakah pengunjung sudah kembali normal di catat di google analytics kita harus menunggu kunjungan robots dari google paling lama 1 kali 24 jam. Semoga bermanfaat.

1 comment:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer