Powered by Blogger.

Cara Membuat Ringtone

Setiap orang pasti memiliki lagu kegemarannya sendiri-sendiri, namanya juga lagu kegemaran pasti ingin didengarkannya setiap saat bilah dibutuhkan. Selain lagu kegemarannya ada juga lagu yang disesuaikan trend saat itu dengan kata lain lagu yang sedang populer.

Artikel kali ini memberikan alternatif pilihan untuk membuat sendiri ringtone pribadi dengan instrumen lagu-lagu yang sedang naik daun atau lagu-lagu kegemaran anda masing-masing. Bagaimana cara membuatnya ? mari kita lakukan bersama. Agar ringtone yang nantinya kita buat menjadi rongtone terbaik, maka gunakan bagian instrumen musiknya saja tanpa suara penyanyinya.

Untuk membuat ringtone kali ini kita membutuhkan software pengolah suara (audio) yaitu Adobe Audition dan yang saya gunakan adalah adobe audition versi 1.5 dan lagu yang saya gunakan adalah grasela agra anda dapat menggunakan lagu-lagu favorit anda sendiri.

Jalankan Adobe Audition 1.5 dari komputer anda dan buka salah satu file lagu terbaik menurut anda yang akan dijadikan ringtone pada handphone anda sehingga bisa terlihat seperti gambar berikut.




Blok sebagian  diagram lagu yang nantinya akan dijadikan ringtone, untuk mengetahui agar area yang dipilih sudah sesuai dengan yang dibutuhkan maka lakukan play untuk mendengarkan musik pada area yang sudah dipilih.



Bila hasilnya belum sesuai dengan yang diinginkan maka gunakan tab kuning yang ditunjukkan dengan tanda panah pada gambar di bawah ini untuk mengatur area lagu yang hendak dipilih.



Setelah yakin bahwa lagu yang diblok sudah sesuai maka langkah berikutnya adalah memindahkan daerah lagu yang sudah terblok tersebut ke sebuah jendela baru dengan cara klik kanan pada daerah yang sudah terblok kemudian klik "Copy to New" sehingga hasilnya menjadi seperti gambar berikut.



Langkah berikutnya blog daerah awal lagu/ringtone yang baru anda buatkan kemudian klik menu Favorites - Fade In. Hal ini dimaksud agar setiap kali telpon berdering suara yang dihasilkan tidak langsung besar tetapi mulai dari volume terendah dan semakin lama semakin meningkat.


Lakukan langkah yang sama untuk membuat Fade Out pada bagian akhir ringtone anda sehingga hasil akhir ringtone buatan sendiri seperti pada gambar berikut..



Jika sudah selesai silahkan klik menu file save as dan simpan dengan format yang bisa dijalankan di hp anda misalnya mp3. Setelah itu barulah file ringtone anda bisa dipindahkan dari komputer ke hp anda.

Jadikanlah lagu-lagu terpopuler dan lagu kegemeran anda menjadi ringtone hp anda sendiri. selamat mencoba...

5 comments:

ade bengkulu said...

informasi yang sangat berharga, trims...

Ardi DL said...

Wah tutorialnnya mantap bos!!

BIK Pemula said...

Terima kasih sudah berkunjung ke BIK Pemula @Ade Bengkulu dan @Ardi DL.

ip_+ said...

hahaha

ip_+ said...

terimakasih atas pengetahuannya,....!!!

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer