Powered by Blogger.

Mungkinkah Komputer Baru Bisa Rusak

Jawabannya adalah Sangat Mungkin, kenapa ? berikut jawabannya.

Komputer baru dalam artian baru beli bisa saja dikatakan rusak apabila tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya (bagi pengguna komputer awam) kenapa demikian misalnyanya saja menjalankan salah satu aplikasi dan tidak berjalan dengan baik, hal ini bisa dikatakan komputer rusak.

Dari pengalaman saya saat dipanggil untuk melakukan perbaikan komputer ada banyak macam keluhan ada yang mengatakan komputer saya rusak, komputer saya mati, komputer saya tidak bisa hidup pokoknya macam-macam penyampaian masalah kerusakan komputer.

Sebenarnya kerusakan komputer hanya ada dua yaitu yang pertama kerusakan pada software dan yang kedua adalah kerusakan pada hardware atau alat dari komputer itu sendiri (perangkat keras).

Apabila kerusakan pada hardware biasanya kalau komputer tersebut masih baru dan beli disertai garansi replay (tukar) ataupun garansi service biasanya tidak mungkin langsung rusak.


Berbeda halnya dengan kerusakan daripada software, kerusakan pada software ini bisa saja terjadi setelah melakukan pembelian komputer artinya setelah membeli komputer hari ini besoknya sudah rusak, itu bisa saja terjadi karena software yang terinstall pada komputer tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Kenapa demikian ? begini... sebagai pengguna komputer yang masih awam biasanya mencoba-coba hal yang baru (seperti saya dulu hehehe...) termasuk mencoba semua perintah yang ada di komputer tersebut yang mana tidak semua perintah di komputer berfungsi untuk memperbaiki namun dengan perintah tersebut bisa merusak software yang ada di dalam komputer itu sendiri.

Misalkan saja perintah delete atau perintah format, kedua perintah ini sangat bahaya apabila dilakukan oleh pengguna komputer yang masih awam. Bagaimana tidak jika seseorang menghapus salah satu file aplikasi atau bahkan file sistem operasi sehingga aplikasi atau os tersebut tidak berjalan dengan baik.
Bila ini sudah terjadi ujung-ujungnya telpon dan panggil si penjual komputer yang katanya koq baru sehari komputer sudah rusak ?

Selain itu juga ada hal lain yang tidak sengaja dilakukan oleh pengguna itu sendiri misalnya kerusakan software oleh karena diserang virus yang secara diam-diam menyusup masuk ke komputer setelah melakukan koneksi ke internet atau ke paralatan lain misalnya flash disk, handphone (hp), memori card dan peralatan lainnya.

Virus-virus inilah yang menyebabkan kerusakan pada software sehingga komputer baru sekalipun bisa dikatakan rusak karena fungsi dari komputer tersebut tidak bisa berjalan sebagai mana mestinya.

Oleh karena itu jagalah komputer anda dari hal-hal yang dapat merusak hardware maupun software sehingga penggunaan komputer anda menjadi lebih awet dan tahan lama. Semoga info ini bermanfaat.

3 comments:

ad1_k4r4 said...

Baguss...bagus.

ToPu said...

Iya kalau software yang rusak masih bisa diterima, tapi kalau hardware yang rusak, penjualnya harus ganti dong!!!, JANGAN MAU kalau beli baru langsung rusak, terutama pada HARDWARE......

Belajar Ilmu Komputer said...

Kalau masalah hardware selalu ada garansi replace bila terjadi kerusakan jd tidak masalah, namun jangan lupa minta kartu garansi ya atau minimal nota pembelian sebagai bukti dalam melakukan komplin

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer