Title Blog Search Engine Friendly Tips

Title Blog atau judul blog yang selalu muncul ketika link sebuah blog di klik atau artikel blog diklik adalah sebuah halaman index blog. Pada halaman index blog biasanya yang muncul pada title bar di browser adalah nama dari blog itu sendiri.

Tidak ada masalah memang bila yang muncul pada browser adalah nama blog, jadi artikel yang manapun yang dibuka tetap yang terlihat pada title bar browser adalah nama blog, hal ini sebenarnya tidak SE Friendly dan nantinya apabila artikel blog semakin banyak maka karena terus diupdate maka akan menimbulkan permasalahan seperti duplicate title/judul ganda. Meskipun anda merasa bahwa anda sudah membuat judul yang berbeda namun kenapa ada muncul duplicate title, ini karena setiap artikel dianggap memiliki judul yang sama yaitu judul blog, karena semua artikel yang dilik yang muncul pada browser title adalah judul blog.

Agar title dari blog menjadi Search Engine Friendly maka perlu dilakukan perubahan-perubahan pada script atau kode html blog sehingga bisa mudah di telusuri dan diindex oleh search engine seperti google.

Berikut ini cara mengubah title blog agar menjadi title yang SE friendly, namun disarankan agar sebelum melakukan perubahan pada kode ini, terlebih dahulu download lengkap kode blog anda agar sewaktu-waktu terjadi kesalahan dalam perbaikan masih dapat dikembalikan ke kode aslinya.

1. Login ke blogger.com
2. Klik Tata Letak/Layout
3. Klik Edit HTML
4. Berikan Tanda Centang pada Expand Template Widget
5. Cari kode seperti di bawah ini

<title><data:blog.pageTitle/></title>

6. Jika anda ingin pencarian search engine tefokus pada keyword maka ganti kode di atas dengan kode di bawah ini

<b:if cond='data:blog.pageType =="index"'>
<title><data:blog.pageTitle/> | keyword1 | keyword2 | keyword3 </title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>

7. Jika anda ingin Judul Artikel sebagai target pencarian maka ganti kode di atas dengan kode title blog berikut

<b:if cond='data:blog.pageType =="item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>

8. Klik Save Template/Simpan Template
9. Selesai

Meskipun artikel ini sangat singkat namun manfaatnya luar biasa apabila dilakukan dengan benar sehingga artikel yang ada di blog bisa terindex di search engine, dengan demikian blog kita pun semakin mudah ditemukan oleh pengguna internet dimanapun berada.

Saran saya, setelah melakukan perubahan tampilan judul blog ini, anda harus terus menulis dengan menerbitkan artikel-artikel baru dan bermanfaat untuk pengunjung blog sehingga pengunjung merasa betah berada di blog anda.

1 comment:

camera said...

makasih banyak infonya.,,,,

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer