Sharing Internet Modem via WiFi

Koneksi internet hanya 2 komputer (biasa dikenal dengan sebutan peer to peer connection) via Wifi untuk memanfaatkan koneksi internet menggunakan modem, baik itu modem CDMA, GSM atau Speedy dapat dilakukan dengan mudah.

Untuk menggunakan koneksi internet via modem secara bersama oleh 2 orang yang menggunakan laptop dan memiliki media wireless network built in, tidaklah sulit namun perlu beberapa langkah melakukan setting pada ke 2 laptop yang akan digunakan dalam share internet ini.

Contoh melakukan sharing internet seperti ini misalnya, Hendri menggunakan modem Huawei dengan kartu GSM Indosat IM3 sebagai koneksi ke internet. Internet yang diakses oleh Hendri juga ingin digunakan oleh Agus. Nah bagaimana supaya agar Agus juga bisa menggunakan akses internet tanpa harus membeli modem lagi.

Untuk melakukan sharing internet dari laptop ke laptop hal yang perlu dibutuhkan di sini adalah adanya line untuk koneksi antar ke 2 laptop tersebut. Line penghubung dimaksud di sini adalah LAN atau Wireless Network Connection.


Pada praktek kali ini kita menggunakan line koneksi Wireless sebagai penghubung antar laptop.

Sebagai contoh Hendri menggunakan laptop Acer Aspire 2920Z memiliki wireless network built in dan terkoneksi ke internet menggunakan modem huawei gsm (Indosat). Agar internet bisa diakses oleh Agus (memiliki laptop Toshiba 10", maaf spesifikasi lengkapnya saya lupa) maka berikut langkah melakukan sharing internet.

SETTING KE 2 LAPTOP

Pada laptop Hendri lakukan perubahan setting pada ip address wireless menjadi :
IP                 : 192.168.0.1
Subnet mask : 255.255.255.0
Default gateway, preferred DNS server dan Alternate DNS server biarkan kosong.

Caranya Klik Start - Connect To - Show All Connections. Pada jendela Network Connection klik kanan pada Wireless Network Connection 2 dan pilih Propertis sehingga muncul jendela Wireless Network Connection 2 Propertis.

Klik tab Wireless Networks - Advanced, dari jendela Advanced pilih Computer-to-computer (ad hoc) network only, dengan cara klik pada lingkaran kecil, kemudian klik Close, Ok.


Pada laptop Agus lakukan perubahan setting pada ip address wireless menjadi :

IP                      : 192.168.0.2 (3-255)
Subnet mask      : 255.255.255.0
Default gateway : 192.168.0.1

Sedangkan preferred DNS dan Alternate DNS srver biarkan kosong.

Caranya sama seperti laptop Hendri yaitu Klik Start - Connect To - Show All Connections. Pada jendela Network Connection klik kanan pada Wireless Network Connection 2 dan pilih Propertis sehingga muncul jendela Wireless Network Connection 2 Propertis.

Klik tab Wireless Networks - Advanced, dari jendela Advanced pilih Computer-to-computer (ad hoc) network only, dengan cara klik pada lingkaran kecil, kemudian klik Close, Ok.

Simpan perubahan yang dilakukan baik pada laptop Hendri dan laptop Agus.

SHARING INTERNET

Pada laptop Hendri (laptop 1 windows xp sp2) harus dishare internet connectionnya agar dapat diakses dari laptop Agus (laptop 2 windows xp sp2), caranya sebagai berikut :

Masuk ke propertis modem dengan cara klik Start - Connect To - Show All Connections. Klik kanan pada IndosatGPRS dan klik Propertis. Apabila anda menggunakan modem berjenis lain dan kartu yang berbeda silahkan pilih modem yang sesuai dengan cara klik kanan pada modem tersebut dan pilih propertis).



Pada jendela Modem Propertis, terdapat 4 tab yaitu General, Options, Security, Networking dan Advanced. Klik pada tab Advanced kemudian berikan tanda centang pada Allow other network users to connect through this computer's internet connection.

Selanjutnya pilih line sharing dengan cara klik scroll down pada Home networking connection kemudian pilih Wireless Network Connection 2 dan klik OK sehingga hasil tampilan icon seperti gambar berikut.



CARA MENGGUNAKAN INTERNET BERSAMA

Pertama aktifkan koneksi internet di laptop 1 dan pastikan bahwa internet sudah terkoneksi dengan baik, selanjutnya beralih ke laptop 2, lakukan koneksi dari laptop 2 ke laptop satu dengan cara masuk ke properti wireless network

kemudian pada tab wireless network klik view wireless networks. Klik pada wireless yang ada kemudian klik Connect. Tunggu beberapa saat hingga proses koneksi selesai.

Internet sekarang sudah bisa digunakan secara bersama, selamat mencoba.

7 comments:

asda said...

terima kasih om..

tadi saya mau cari cara uninstall wirreles acer aspire saya

eh tau nya search di google ketemunya acces point wah keren juga nih..

saya bookmark yah om..

Hikmat said...

Saya gak percaya, apa bisa orang sebodoh saya bisa spt sdr?

BIK Pemula said...

@ asda, sama2 @ Hikmat, :) saya adalah buktinya...semua diperoleh dengan belajar dari berbagai media

nanda said...

terima kasih utk informasinya, sbenarnya sngat sederhana utk di ikuti...
tp saya ada kendala sedikit, bisa di bantu nggak??
saya sdh ikuti smua petunjuk di atas, tapi pada laptop1 (acer aspire 2920) dijendela wireless networkconnection2 propertis tdk ada tab wireless network-advanced. yg ada hanya general dan advanced (di dlm advanced tdk ada computer to computer).
dan pada laptop2 (acer4630Z)u di jendela network connection yg ada cuma 2 yaitu local area connect dan wireless network connect. (sedangkan wireless network connect2 tdk ada
jadi gmana saya hrs menyetingnya? atau apakh kedua laptop saya tdk bisa utk sharing internet?
skedar info saya pakai modem AT&T dan kartu halo flash sbg koneksi ke internetnya.
mohon penjelasannya, dan terima kasih...

Admin BIK Pemula said...

@Nanda, trims pertanyaannya..sebenarnya penjelasan tentang cara setting koneksi laptop ke laptop sudah sangat jelas tapi okelah saya coba jelaskan kembali bahwa pada jendela Wireless Connection 2 Properties ada 3 tab yaitu General, Wireless Networks dan Advanced.

Klik Tab Wireless Networks
didalam jendela tab wireless networks ada beberapa button yang bisa di klik yaitu view wireless networks, Move up, Move down, Add, Remove, Properties dan Advanced. Nah klik pada button Advanced ini sehingga muncul jendela Advanced.

Pada jendela advance terdapat 3 pilihan yaitu :
1.Any available network (access point preferred)
2.Access point (infrastructure) networks only
3.Computer-to-computer (ad hoc) networks only

Diantara ketiga pilihan di atas tentukan pilihan pada nomor ke 3 yaitu Computer-to-computer (ad hoc) networks only.

Demikian penjelasan atas pertanyaan sobat di atas, smg dgn jawaban ini bisa membantu

nanda said...

buat tim Admin BIK,
saya tdk tahu apakh sy yg mmg blm paham atau laptop saya yg bermasalah..
akan tetapi di dlm jendela Wireless Connection 2 Properties cuma ada 2 tab(bukan 3 sperti yg diinformasikn) yaitu General dan Advanced. sedangkan utk tab wireless networknya tdk ada....
skali lg mhn bantuan tim BIK...
terima kasih

BIK Pemula said...

Kalau hanya ada 2 tab coba cek driver melalui device manager apakah driver wairelessnya sudah beanr terinstallasi.

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Powered by Blogger.

Pengikut Belajar Ilmu Komputer