Format Drive C Windows

Perintah FORMAT adalah perintah untuk membentuk hanrddisk agar bisa digunakan sebagai media penyimpan data. Harddisk yang belum fiformat tidak bisa digunakan untuk menyimpan data, oleh karena itu sebuah hardisk perlu diformat sebelum digunakan.

Perintah dalam melakukan format drive harddisk adalah sama, akan tetapi apabila memformat harddisk yang tersimpan sistem operasi, hal ini akan tidak bisa dilakukan. Misalnya sistem operasi windows sudah tersimpan di drive c, selanjutnya kita merencanakan untuk memformat ulang drive c, hal ini akan berbeda dengan memformat drive lain selain drive c misalnya drive d, e, f dan setersunya.

Hal ini karena sistem operasi memiliki sekuriti atau pengaman terhadap sistem opeasi itu sendiri yang memang disediakan untuk melindungi sistem operasi dari ketidaksengajaan pengguna menghapus file-file sistem.

Karena memformat driv c (terisi sistem operasi windows) berbeda dengan menformat drive lain yang dapat dilakukan dari windows dan juga merupakan pertanyaan dari salah seorang pengunjung blog BIK Pemula ini yang menanyakan bagaimana cara format drive c maka berikut ini cara melakukan format drive c.

Sebelum melakukan format harddisk drive c, anda sudah harus tahu bahwa sistem operasi serta aplikasi yang ada di atasnya akan terhapus secara otomatis pada saat melakukan format drive c dan semuanya harus diistall ulang. Bila tidak ingin menghapus semua aplikasi sebaiknya jangan melakukan format ulang tetapi hanya melakukan repair sistem operasi windows.


Berikut cara melakukan format drive c

Karena format drive c tidak dapat dilakukan dari sistem operasi windows yang sudah terinstall maka untuk memformat harddisk drive c harus menggunakan cd installer windows, dalam hal ini saya menggunakan cd installer windows xp sp2.

1. Hidupkan CPU/komputer anda
2. Masukan cd windows ke cd-rom drive
3. Boot ulang/reset komputer dan tunggu hingga muncul pesan "Press any key to boot from CD..." tekan salah satu tuts keyboard untuk melakukan boot dari cd.
4. Tunggu proses loading dan copy file hingga muncul jendela "welcome to Setup".
5. Tekan tombol ENTER (To set up Windows XP now, press ENTER)
6. Pada jendela "Windows XP Licensing Agreement" tekan tombol F8
7. Tekan tombol Esc (Escape) (To continue installing a fresh copy of Windows XP without repairing, press ESC)
8. Tekan tombol D (To delete the selected partition, press D) untuk menghapus partisi drive c. Perhatikan bahwa posisi bar berwarna putih berada di drive C bila tidak silahkan geser tab menggunakan tanda panah untuk menempatkan di drive c.
9. Tekan tombol ENTER
10. Tekan tombol L
11. Tekan tombom ENTER (To set up Windows XP on the selected item, press ENTER)
12. Silahkan pilih cara format drive c, mau secara cepat (quick) atau secara normal. Untuk contoh gunakan format cara normal yaitu Format the partition using teh NTFS file system. Tekan ENTER.
13. Tunggu hingga proses format selesai dan dilanjutkan dengan installasi sistem operasi windows.
14. Ikuti petunjuk untuk melakukan isntallasi windows XP.

Demikian cara melakukan format ulang windows XP SP2, semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu sobat yang menanyakan cara format ulang drive c.

9 comments:

jhu_lee_ann said...

wahh sangat membantu..


himalkom IPB

silviani said...

thanks sngt mmbantu bg sy...krn sy msh bljr itu.

yuli45com said...

artikkel annda sangat membantu saya.. tapi ada gak cara menginstal 2 sistem operasi..
misalnya windows + linux,,,???
dan berapa spesiifikasi minimal yang di butuhkan oleh komputer..

BIK Pemula said...

@yuli45com, untuk installsi dua sistem operasi (os) dalam satu komputer itu sudah biasa, misalnya antara windows xp dengan windows 7 atau windows xp dengan linux. Untuk sementara coba cari di google dengan keyword dual os atau dual sistem operasi. Semoga nanti saya bisa tulis jga artikel ini. @All..thx salam blogger

Media da'wah said...

Salam BIK ....
Gan ane mo tanya :
Gmn cara ngrawat C/System agar awet?
Trus kalo C sering di format katanya bisa bikin harddisk jebol.
Apa bener? Tulung jelasin gan.

Atas jawabanyya ane ngucapin Tengkyu .

aminhaitami said...

Maaf nih Sdikit nambahin infonya
Sbelum format drive C baiknya priksa dulu ada ga file or data (ketikan dll) dlm drive C, sbab stelah ngintal drive C akan kmbali bersih trmasuk driver yg diinstal sbelumnya akan hilang. so ada baiknya data di simpan dlm flashdisk or masukin dalam drive D.
Perlu hati2 pada langkah ke 8
pada tampilan layar saat nginstal akan muncul list driver yg ada dlm komputer, jika hanya mau perbaiki drive C cukup ikuti langkah 8 sd 13.
Sebaiknya stelah langkah 10 lakukan hal berikut
Pd posisi bar berwarna putih blm ada tulisan drive c jd harus kita buat dulu, caranya :
tekan C (create) kemudian enter, sistem akan menawarkan kapasitas hardisk sama besarnya dgn sbelum diinstal (misal 20000), klau setuju klik enter aja. stelah slesai muncul drive C lanjut langkah 11. Syukron ...@-@

Belajar Ilmu Komputer said...

THNKS SOB TUTORIALNYA YAH..
aku butuh nich aku lagi cari-cari nich..

venessa said...

kalau cd windows nya hilang gimana ya? saya mau format komputer saya tapi cd installer windows nya hilang

Hendri Piran said...

@venessa kalau cd installernya hilang ya harus cari gantinya, bisa dengan sewa cd installer windows atau beli baik yang asli (genuine) maupu bajakan jg banyak, tp disarankan gunaka yang asli ya...

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Powered by Blogger.

Pengikut Belajar Ilmu Komputer