Powered by Blogger.

Belajar Cara Partisi Harddisk

Cara Partisi Harddisk External kali ini saya lakukan di Windows 7. Partisi harddisk adalah tindakan untuk memetakan ruang harddisk agar mudah dalam penggunaannya. Bila diumpamakan seperti rumah, sebuah rumah itu harus ditentukan mana kamar, mana ruang tamu, mana dapur dan lain-lain, begitu juga dengan harddisk, alangkah baiknya dibagi dan diberikan nama volumenya sesuai dengan kebutuhan sehingga mudah diidentifikasi. Sebagai bahan praktek anda bisa menggunakan harddisk internal maupun harddisk external. Apabila komputer anda memiliki lebih dari satu harddisk maka anda bisa menggunakan harddisk 2 sebagai bahan praktek, tapi perlu diingat bahwa sebelum melakukan praktek ini, backup terlebih dahulu semua data yang ada di harddisk tersebut, karena semua data yang ada di dalamnya akan terhapus. Kalau belum paham betul dengan tindakan partisi harddisk ini sebaiknya, anda didampingi oleh orang yang sudah berpengalaman dalam melakukan partisi harddisk.


Berikut ini cara partisi dan format hardisk di Windows 7

1. Click Start
2. Click Kanan di Computer
3. Click Manage, dilanjutkan dengan klik Disk Management


4. Di jendela tengah bagian bawah silahkan pilih drive yang belum dipartisi (sebagai contoh di sini saya memilih Disk3).



5. Klik kanan pada kotak putih di bawah garis hitam tebal dan pilih New Simple Volume

6. Click Next


7. Pada gambar di atas terlihat jelas bahwa kapasitas hardisk tersebut (Maximum disk space in MB) adalah : 238473 MB = 238 GB.


8. Oleh karena saya membagi harddisk ini menjadi 2 partisi maka saya harus membagi 2 nilai maximum kapasitas harddisk tersebut pada Simple volume size in MB, sehingga menjadi 238/2=119200. Setelah itu klik Next.


9. Klik Next


10. Klik Next lagi


11. Klik Finish


12. Setelah melakukan langkah pertama (partisi 1) tadi maka sebuah partisi sudah selesai dan sudah diformat juga. Pada gambar di atas, yang berada di bawah garis tebal berwarna biru, pertanda bahwa bagian tersebut sudah dipartisi dan di format, sedangkan yang di bawah garis hitam tebal adalah bagian yang belum partisi dan di format, sekarang lanjutkan dengan klik kanan pada bagian yang belum di format (di bawah garis hitam) dan klik New Simple Volume untuk mempartisi harddisk bagian kedua.


13. Klik Next, dan ikuti langkah selanjutnya seperti langkah 6 hingga langkah 11. Untuk langkah ke 8 tidak perlu mengubah nilai kapasitas yang ada karena angka tersebut merupakan sisa hasil bagi tadi, langsung klik Next saja dan yang terakhir klik Finish.
Berikut adalah hasil tampilan akhir setelah dipartisi menjadi 2 bagian.


14. Tutup jendela Computer Management.

Sekian tutorial cara partisi hardisk di Windows  7, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Bagi yang punya cara berbeda untuk melakukan partisi hard disk bisa di share dibagian komentar. Selamat mencoba, Ingat ! Partisi dan Format adalah tindakan yang dapat menghilangkan data oleh karena itu berhati-hatilah.

1 comment:

Post a Comment

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini, Berikan Komentar anda di sini... komentar spam akan dihapus

Pengikut Belajar Ilmu Komputer